Gili Bembeq : Surga Tersembunyi di Lombok Timur

Gili Bembeq

Enaknyakemana.com – Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki pesona alam yang tak habis untuk dieksplore, salah satunya adalah Pulau Lombok. Pulau yang berada di sebelah timur Pulau Bali ini memang memiliki daya tarik tersendiri di mata wisatawan. Pulau Lombok terkenal dengan pesona pantainya yang menawan. Tak jarang banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke pulau ini. Namun, siapa sangka di Lombok ini juga masih banyak pantai yang hanya bisa terlihat saat air surut saja. Salah satunya pantai di Gili Bembeq, sebuah Gili (pulau kecil) yang tak berpenghuni yang berada di kecamatan Tanjung Luar, kabupaten Lombok Timur, Bembeq sendiri berarti kambing dalam bahasa sasak.

Pantai di Gili Bembeq

Pantai ini membentang panjang dengan tiang – tiang listrik yang berjajar rapi sepanjang mata memandang. Pantai dengan pasir seperti biji merica ini hanya bisa kita nikmati saat air laut surut atau sekitar pukul 13.00 WITA hingga air mulai pasang sekitar pukul 17.00 WITA. Akses menuju lokasi cukup menyenangkan, karena kita akan berlayar menggunakan sampan – sampan milik penduduk 15 menit dari Gili Petelu atau kita dapat melakukan perjalanan dari Pare Mas sekitar 15 menit.

Baca juga : Rekomendasi Tempat Wisata Di Lombok yang Terbentang Bagai Surga

Perjalanan menuju Gili Bembeq
Foto : Perjalanan menuju Gili Bembeq

Selama perjalanan menuju lokasi, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan laut yang menawan dengan banyak Gili yang tak berpenghuni seperti Gili Kerate dan Gili Kuri yang khas dengan tebing – tebing dan terumbu karangnya dan Gili yang berpenghuni seperti Gili Beleq dan Gili Re. Sinar matahari yang menyengat akan terobati dengan adanya hembusan angin pantai dan lembutnya desiran ombak yang menyapu pantai.

Baca juga : Oleh-Oleh Khas Lombok yang Wajib Dibawa Pulang Wisatawan

Air di Gili ini cukup jernih dan lebih jernih dibanding air di Gili Petelu dengan bermacam biota dan terumbu karang yang masih terjaga di dalamnya. Namun perlu hati – hati apabila ingin snorkling di sini, karena banyak bulu babi di dalam lautnya sehingga apabila tidak berhati – hati maka bulu babi tersebut akan menusuk kaki sehingga menyebabkan gatal di kaki penderita. Bukan hanya bulu babi yang akan pengunjung jumpai, namun beberapa biota laut seperti ikan kembung, bintang laut dan kepiting akan kita temui sepanjang pantai di Gili ini. Rasanya seperti berkunjung ke Bikini Bottom bukan?

Ikan Kembung
Foto : Ikan Kembung

Kepiting
Foto : Kepiting

Bintang Laut
Foto : Bintang Laut

Biota – biota tersebut sangat mudah kita jumpai di sini. Setidaknya ratusan bintang laut, ikan kembung dan kepiting akan kita jumpai di sini. Namun, perlu hati – hati juga bila menyelami perairan di pantai ini, karena terumbu karang yang ada cukup dangkal, sehingga perlu hati – hati apabila ingin melewatinya agar tidak merusaknya dan melukai diri sendiri.

Gili Bembeq
Foto : Gili Bembeq

Pasir putih panjang yang ada di Gili ini akan menghubungkan antara Gili Bembeq dengan Gili Bembeq kecil yang ada di ujung baratnya serta Gili Maringkik di ujung timurnya. Di sekitar Gili juga terdapat pantai yang mengelilingi yang dapat terlihat juga hanya bila air surut. Gili Bembeq ditumbuhi pohon yang tinggi dan rerumputan hijau serta rumput – rumput laut yang ada di sekitar pasir pantai.

Baca juga : Catat! Tips Liburan ke Lombok Wajib Kamu Tahu

Pantai dan Gili ini cukup sepi oleh pengunjung, sehingga kamu bisa merasakan sensasi memiliki pulau pribadi sendiri. Apabila akan kembali dari Gili ini perlu diingat bahwa sampan – sampan yang ditumpangi akan mendarat sesuai dengan batas air yang ada, jadi memungkinkan sekali apabila saat datang di siang hari sampan tersebut jauh dari pasir pantai dan ketika akan kembali saat sore hari perlu berjalan cukup jauh dan melewati air laut yang mulai pasang menuju tempat bersandarnya sampan.

Kembali ke sampan
Foto : Kembali ke sampan

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password