Ditertawakan Orang Mesir Gara-Gara Pakai Sarung

Yang Tidak Boleh Kamu Lakukan di Mesir

Enaknyakemana.com – Mesir memang sangat menarik untuk dikunjungi. Kekayaan sejarahnya yang agung, mulai dari Piramida, Sphinx, mumi Fir’aun, Masjid Al-Azhar, Pantai Alexandria, hingga Pegunungan Sinai; akan membuatmu semakin betah berlama-lama disana. Ketika berkesempatan menghabiskan waktu di Mesir, saya selalu bersyukur sudah pernah menapaki jejak peradaban dari berbagai zaman yang masih tersisa di negara tersebut.

Disanalah saya merasa seakan-akan menjadi saksi konflik antara Nabi Musa dan Fir’aun; sekaligus menyesapi kisah cinta Cleopatra dan Mark Antony, lengkap dengan semua episodenya yang menegangkan. Setelah puas meresapi semua itu, giliran lidah saya dimanjakan oleh kuliner khas Mesir.

Seandainya kamu berniat menghabiskan waktu liburan di Mesir, jangan lupa ada beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan.

Yang Tidak Boleh Kamu Lakukan di Mesir

Berfoto dekat pos militer, ancamannya penjara

Haram hukumnya berfoto dekat tentara dan segala sesuatu yang berhubungan dengan tentara seperti pos militer, markas militer, atau kendaraan militer. Belum diketahui alasannya mengapa orang-orang tidak boleh berfoto di tempat-tempat itu. Yang pasti, hukumannya sangat berat jika kamu melakukan itu. Kamu bisa masuk penjara.

Ini bukan main-main. 2014 lalu pernah ada mahasiswa Indonesia yang hampir masuk penjara karena berfoto di depan pom bensin. Aneh ya? Ternyata usut-usut punya usut di dekat pom tersebut ada pos militer. Akhirnya mahasiswa itu diciduk. Untung saja ada staf KBRI baik hati yang membantu supaya mahasiswa tersebut tidak jadi masuk penjara. Mesir memang negera militer. Jadi hati-hati ya kalau jalan-jalan ke sana.

Baca juga : Destinasi Liburan Luar Negeri yang Tidak Bikin Kantong Bolong

Memakai sarung, malah ditertawakan

Petani di Mesir

Keceriaan para petani Mesir. (Foto: Pixnio)

Iya sarung! Yang biasa kamu pakai pas shalat itu. Kamu akan ditertawakan banyak orang bila pergi ke masjid memakai sarung; atau paling tidak, orang-orang akan melihatmu dengan tatapan aneh. Dalam kebudayaan masyarakat Mesir, sarung biasanya digunakan pada saat atau setelah berhubungan suami istri. Jadi jika kamu memakai sarung di khalayak ramai, kamu akan dikira habis berhubungan badan dengan istri.

Saya pernah mengalami ditertawakan banyak orang. Saat itu kami baru tiba di Mesir, tepatnya di Ismailiyah. Saya dan beberapa teman pergi ke masjid mengenakan sarung. Di sepanjang jalan banyak yang menatap kami dengan tatapan aneh dan ketawa ketiwi, terutama para perempuan. Saat itu kami belum tahu tentang hal ini.

Suatu kali kami bertanya kepada imam masjid mengapa mereka menertawakan kami. Sang imam menjelaskan bahwa pakai sarung di luar rumah tabu hukumnya. Tentunya karena alasan di atas.

Baca juga : 3 Alasan Utama Mengapa Harus Berkunjung ke Kairo

Terlalu ramah pada orang lain

Ramah memang akhlak terpuji ya. Tapi di Mesir, terlalu ramah malah jadi serba salah, apalagi buat orang asing. Orang-orang Mesir terkenal suka memuji dan menggombal kepada siapapun. Banyak di antara para penggombal itu orang-orang yang tidak baik. Jika kalian terlalu ramah, khawatirnya mereka semakin agresif dan melakukan sesuatu yang tidak diinginkan.

Sebagai informasi, 2013 lalu Mesir baru saja mengalami revolusi. Ada banyak narapidana kabur dari penjara selama revolusi tersebut; dan sekarang mereka berkeliaran dimana saja. Mereka biasa menjebak korbannya dengan mengggombal terlebih dahulu. Jika korban sudah terperdaya, baru mereka menjalankan aksinya.

Jika berwisata di sana, bersikaplah sewajarnya. Jangan terlalu ramah. Karena kalau pada orang ramah mereka akan lebih gombal dan bisa jadi malah membuat kamu merasa risih.

Itulah beberapa hal yang harus kamu hindari saat berwisata ke Mesir. Tapi sebetulnya kamu tidak perlu takut berlebihan. Kamu akan aman-aman saja selama berada di sana. Asal tidak melakukan sesuatu yang bertentangan dengan hukum atau kebiasaan di sana, berwisata di Mesir bakal memberi banyak kenyamanan.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password