Berikut 4 Destinasi Wisata Sejarah di Kota Medan

destinasi wisata sejarah di Kota Medan

Enaknyakemana.com – Jika berbicara tentang liburan, berwisata atau sekedar jalan-jalan, Anda tidak harus mengunjungi tempat-tempat dengan pemandangan alam atau taman rekreasi buatan yang selalu menjadi destinasi wisata para keluarga. Padahal, ada juga lho objek wisata yang tak kalah menarik daripada taman hiburan, yaitu wisata berbau sejarah dan budaya. Selain berwisata, tentunya Anda dapat menambah wawasan dan pengetahuan seputar sejarah tersebut.

Jika kalian menggemari objek wisata yang menyajikan sejarah dan budaya setempat, Medan dapat Anda pilih sebagai salah satu kota yang harus Anda kunjungi. Pada saat di Medan, Anda harus mengunjungi beberapa wisata sejarah yang tidak boleh dilewatkan. Nah, berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata sejarah di Kota Medan :

Destinasi Wisata Sejarah di Kota Medan

1. Rumah Tjong A Fie

medan2.jpg?fit=1200%2C628&ssl=1

Sumber image : ksmtour,com

Destinasi wisata sejarah yang dapat dikunjungi saat ke Medan adalah Rumah Tjong A Fie. Bertempat di Jalan Ahmad Yani, Medan, bangunan bersejarah ini memiliki infrastruktur yang unik , yaitu perpaduan antara arsitektur Melayu, Eropa dan Tiongkok tentunya. Hal tersebut yang membuat tempat ini menarik untuk dikunjungi.

Konon berdasarkan sejarahnya, Tjong A Fie ini merupakan saudagar kaya asal Tiongkok yang dahulu kala tinggal di medan dan sekaligus menjadi salah satu tokoh yang sangat di hormati oleh Sultan Deli dan pemerintan Belanda. Pada saat Anda memasuki rumah ini, didalamnya terdapat sejumlah benda-benda bersejarah yang dapat Anda lihat. Tiket masuk dikenakan sebesar Rp. 35.000 per orang jika ingin berwisata ke dalamnya.

Baca juga : Yuk Berburu Kuliner di Tempat Wisata Kuliner Medan Paling Terkenal Ini

2. Istana Maimun

medan3.jpg?fit=1200%2C628&ssl=1

Sumber image : sejarahunik,net

Wisata bersejarah kedua yang dapat Anda kunjungi saat berada di Medan adalah Istana Maimun. Istana ini adalah sebuah bangunan yang menjadi saksi bagaimana sejarah perkembangan Islam di kota Medan. Istana Maimun didirikan oleh Sultan Maimun Al-Rasyid Perkasa Alamsyah yang merupakan keturunan ke-9 Kesultanan Deli. Jika dilihat dari tampak luarnya, bangunan ini mempunyai perpaduan arsitektur India, Melayu, Italia, Spanyol dan Islam.

Arsitektur yang unik menjadi salah satu daya tarik istana ini untuk dijadikan wisata sejarah, dan didalamnya juga terdapat benda bersejarah Kesultanan Deli yang dapat Anda lihat. Tentunya para wisatawan semakin tertarik mengunjungi tempat wisata ini. Harga tiket masuknya pun cukup terjangkau, cukup merogoh kocek sebesar Rp. 5.000 untuk satu orang. Selain itu, Anda juga bisa menyewa baju adat melayu dan berfoto lho, dengan membayar hanya Rp. 15.000 – Rp. 30.000 saja deh!

Baca juga : Fakta Kota Medan Ini Bikin Anda Niat Banget Liburan Kesana!

3. Museum Negeri Sumatera Utara

medan4.jpg?fit=1200%2C628&ssl=1

Sumber image : www,justgola,com

Selanjutnya, museum adalah salah satu wisata yang wajib Anda kunjungi jika ingin mengetahui objek-objek bersejarah di Sumatera Utara. Yap, mengunjungi Museum Negeri Sumatera Utara merupakan salah satu pilihan tepat jika Anda ingin mengetahui seputar sejarah di Sumatera Utara. Arsitektur bangunannya sangat unik karena mengikuti bentuk rumah adat tradisional Sumatera Utara, dengan ornament etnis Batak Toba, Karo, Melayu, Mandailing, Pakpak, Nias, dan Simalungun di bagian atap depannya. Unik banget bukan?

Baca juga : Daftar Oleh-Oleh Khas Medan Paling Tahan Lama, Wajib Banget Nih Dibawa Pulang!

4. Kawasan Kota Tua Medan

medan5.jpg?fit=1200%2C628&ssl=1

Sumber image : hello-pet,com

Nah, untuk Anda yang memiliki hobi fotografi dan mencari suasana kota ala zaman colonial sebagai spot foto, Anda dapat mengunjungi Kawasan Kota Tua Medan yang berada di Jalan Ahmad Yani. Disana, terdapat berbagai gedung yang dapat Anda kunjungi, salah satunya adalah Gedung London Sumatera yang sangat popular. Arsitekturnya sangat unik, bak luar negeri sehingga banyak menarik para wisatawan untuk mengunjungi gedung tersebut atau sekedar berfoto ria saja.

Nah, itulah beberapa destinasi wisata sejarah di Kota Medan yang dapat Anda kunjungi saat berada di sana. Menarik kan? Kota ini dapat menjadi salah satu destinasi yang dapat Anda pertimbangkan untuk liburan nantinya!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password