Bingung Mau Liburan Kemana? Mungkin 5 Danau Ini Bisa Jadi Referensi mu Untuk Berlibur

Danau Untuk Berlibur yang Bisa Jadi Referensi

Enaknyakemana.com – Bingung mau liburan kemana tahun ini? Mungkin 5 danau ini bisa menjadi pilihan destinasi wisatamu kali ini. Setiap danau memiliki pesona yang berbeda – beda, ada yang memiliki daya tarik pada kejernihan airnya, warna air yang berbeda dari biasanya atau karena ukurannya yang cukup luas. 5 danau untuk berlibur ini memiliki keunikan dan keindahan yang sayang untuk dilewatkan.

5 Danau Untuk Berlibur yang Bisa Jadi Referensi

1. Danau Baikal

Danau Baikal merupakan danau tertua dan terdalam di dunia. Danau Baikal terletak di negara Rusia dengan luasan total 31.500 m2 dan kedalaman maksimal mencapai 1.642 m. Danau ini memiliki 20% air tawar dunia dan 90% air tawar Rusia. Air di danau berwarna biru yang berarti air ini sangat jernih dan airnya bisa diminum langsung tanpa penyaringan. Danau ini diperkirakan berumur 25 juta tahun. Danau Baikal merupakan danau retakan yang terbentuk karena retakan dalam yang disebabkan gerakan tektonik di sepanjang garis patahan yang terletak di wilayah Rusia Siberia antara Oblast Irkutsk di barat laut dan Republik Buryat ke arah tenggara.

Keindahan danau ini terletak pada saat musim dingin karena air di danau ini akan membeku. Jika melihat danau ini saat musim dingin, kita seperti terbawa pada suasana seperti halnya dalam film “Frozen”, saat Elsa mulai membekukan air di lautan. Ketebalan es di Danau Baikal bisa mencapai 1,5 hinggz 2 meter, sehingga dapat menopang kendaraan hingga 15 ton. Air danau yang jernih ini menghasilkan es yang jernih juga, sehingga kita dapat melihat jelas hingga kedalaman 40 meter bahkan kita bisa bercermin di beberapa bagian es dan es di danau ini menjadi es terjernih di dunia.

Baca juga : Liburan Di Bandung? Datang Dulu Ke Wisata Danau Super Keren Ini

2. Danau Huron

Danau Huron merupakan salah satu dari 5 danau yang termasuk dalam The Great Lakes atau kumpulan danau air tawar yang berada di perbatasan Amerika Serikat dan Canada. Danau Huron memiliki daya tarik yang cukup unik yaitu banyaknya bangkai kapal di bagian perairan dangkal danau ini. Ribuan kapal yang tenggelam saat mengarungi danau besar ini. Salah satu bangkai kapal paling populer di perairan ini adalah bangkai kapal Canadian Schooner Sweepstakes yang berlokasi sekitar 50 jengkal dari Pelabuhan Big Tub yang ketinggiannya hanya 20 kaki dari air. Kapal ini memiliki panjang 119 kaki atau 36 meter dan masih dalam keadaan utuh meskipun telah tenggelam sejak tahun 1885.

Baca juga : Tips Wisata Super Seru Di Danau Toba

3. Danau Hillier

Danau Hillier ini merupakan danau untuk berlibur yang cukup unik, karena air di danau ini berwarna merah muda. Danau Hillier ditemukan pertama kali tahun 2013 oleh SciSchow. Danau ini berada di Benua Australia yang dapat terlihat jelas dari atas. Warna merah muda yang dihasilkan dari adanya mikroba extremophile dan alga Dunaliella. Alga ini akan menghasilkan senyawa pigmen bernama karotenoid yang dapat menyerah sinar matahari dan juga memberikan warna merah muda pada algae.

4. Danau Kakaban

Danau Kakaban merupakan air laut yang terperangkap dalam sebuah pulau bernama Pulau Kakaban yang kemudian airnya bercampur dengan air hujan dan air tanah sejak dua juta tahun yang lalu sehingga air danau ini menjadi lebih tawar. Danau ini terletak di kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Indonesia dengan luas sekitar 5 km2 dan berdinding karang terjal setinggi 50 meter, hal ini lah yang menyebabkan air laut tidak lagi bisa keluar. Perubahan air laut ini juga berdampak pada fauna laut yang ada seperti ubur – ubur dan algae. Danau ini cukup unik karena di sini kamu bisa bertemu dengan empat jenis ubur – ubur dengan jumlah yang tidak sedikit. Saat malam hari hewan – hewan di danau ini akan memiliki cahaya lebih berwarna – warni.

Baca juga : Wisata Danau Paling Cocok Untuk Narsis, Indonesia Punya!

5. Danau Colorada

Danau Colorada atau Laguna Colorada merupakan danau garam dangkal yang berada di barat daya Altiplano Bolivia di Cagar Alam Nasional Andes Eduardo Avaroa dekat perbatasan dengan Chili. Danau untuk berlibur ini cukup unik karena memiliki air berwarna merah yang disebabkan oleh sedimen merah dan pigmentasi dari beberapa ganggang. Terdapat juga pulau – pulau kecil yang berwarna putih yang mengandung banyak boraks, warna ini akan sangat kontras dengan warna merah air danau. Di danau ini kita akan menemukan banyak Flamingo James yang mencari makan di danau ini. Ini tentu menjadi daya tarik tersendiri untuk melihat danau ini.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password