10 Danau Terbesar di Dunia dengan Keindahan yang Mengagumkan

Danau Terbesar di Dunia

Enaknyakemana.com – Ada banyak danau di seluruh dunia. Danau-danau ini dapat ditemukan di puncak gunung, di permukaan laut, atau di antaranya. Ada danau air asin dan danau air tawar. Ada danau alami dan danau buatan. Setiap danau memiliki variasi kedalaman, volume, dan ukuran yang beragam. Berikut ini beberapa danau terbesar di dunia yang bisa kamu tambahkan ke daftar destinasi wisata untuk dikunjungi, karena danau-danau terbesar ini sering dikunjungi para traveler dari seluruh dunia.

Danau Terbesar di Dunia dengan Keindahan yang Mengagumkan

1. Laut Kaspia (Kazakhstan, Rusia, Turkmenistan, Azerbaijan, Iran)

Danau Terbesar di Dunia - Laut Kaspia
Foto: Shutterstock

Meskipun namanya laut, Laut Kaspia sebenarnya adalah sebuah danau, karena sepenuhnya tertutup dan membentang di lima negara yang berbeda. Danau ini dianggap sebagai laut oleh bangsa Romawi karena air asinnya, meskipun sebenarnya 100% danau.

Laut Kaspia adalah danau terbesar di dunia, memiliki luas total 371.000 kilometer persegi dan sebenarnya berada di bawah permukaan laut 28 meter. Danau ini berusia lebih dari 5,5 juta tahun dan dibagi menjadi tiga wilayah yang berbeda, yaitu Kaspia Utara, Tengah dan Selatan.

2. Danau Superior (Kanada, Amerika Serikat)

Danau Terbesar di Dunia - Danau Superior
Foto: Shutterstock

Terletak di Ontario, Kanada dan negara bagian Amerika Serikat di Michigan, Minnesota, dan Wisconsin, Danau Superior adalah danau terbesar di Amerika Utara dan danau air tawar terbesar di dunia. Danau ini memiliki luas permukaan 82.100 kilometer persegi dan berada di ketinggian 183 meter di atas permukaan laut.

Danau Superior memiliki garis pantai sepanjang 2.783 kilometer serta memiliki banyak pulau. Di sana banyak tempat menarik dan area rekreasi yang indah, termasuk Lake Superior Circle Tour.

3. Danau Victoria (Uganda, Kenya, Tanzania)

Danau Terbesar di Dunia - Danau Victoria
Foto: Shutterstock

Danau Victoria merupakan danau terbesar di Afrika, danau tropis terbesar di dunia, dan danau air tawar terbesar ke-2, yang meliputi area permukaan total 69.485 kilometer persegi. Dinamai berdasarkan Ratu Victoria, danau ini adalah salah satu dari Great African Lakes dan mendapat aliran air dari Sungai Kagera. Danau Victoria dibatasi oleh Kenya, Uganda, dan Tanzania, dan memiliki 84 pulau di dalam tubuhnya.

Danau Victoria terkenal dengan satwa yang luar biasa, terutama ikan cichlid yang endemik, serta spesies langka lainnya. Hewan lain yang hidup di sekitar danau termasuk kuda nil, berang-berang, buaya nil, kura-kura helm Afrika, dan garangan rawa.

Baca juga : Bingung Mau Liburan Kemana? Mungkin 5 Danau Ini Bisa Jadi Referensi mu Untuk Berlibur

4. Danau Huron (Kanada, Amerika Serikat)

Danau Terbesar di Dunia - Danau Huron
Foto: Shutterstock

Danau Huron seluas 59.600 kilometer persegi ini berada di dalam Ontario, Kanada dan Michigan, Amerika Serikat. Danau ini merupakan tujuan musim panas yang populer, dengan banyak orang memiliki rumah di sepanjang garis pantai sepanjang 2.980 kilometer atau salah satu dari pulau-pulau di sana. Danau ini juga menjadi rumah bagi pulau danau terbesar di dunia, seperti Pulau Manitoulin yang merupakan tujuan wisata populer.

Ada banyak tujuan wisata lain yang ada di sepanjang garis pantai danau ini, termasuk Pantai Wasaga, Goderich, Pantai Sauble, dan Port Huron. Konservasi Laut Nasional Thunder Bay, Jembatan Mackinac, dan Bruce Peninsula National Park adalah destinasi yang wajib dikunjungi saat mengunjungi Danau Huron.

5. Danau Michigan (Amerika Serikat)

Danau Terbesar di Dunia - Danau Michigan
Foto: Shutterstock

Danau Michigan adalah salah satu dari Great Lakes yang ditemukan di Amerika Utara tetapi terletak sepenuhnya di Amerika Serikat. Seperti banyak danau lainnya di Amerika Utara, Danau Michigan dibentuk oleh gerakan glasial. Danau dengan luas 58.000 kilometer persegi ini merupakan moda transportasi utama, dengan Pelabuhan Chicago merupakan pelabuhan terbesar di sepanjang 2.300 kilometer garis pantainya. Pariwisata juga merupakan salah satu industri utama Danau Michigan berkat banyaknya pantai, kapal uap penumpang, dan kegiatan rekreasi.

Selain banyaknya pantai, Danau Michigan juga menawarkan banyak pulau, taman, dan mercusuar. Danau ini juga merupakan tempat yang populer untuk olahraga memancing karena banyak ikan salmon, smelt, whitefish, walleye, dan trout.

6. Danau Tanganyika (Burundi, Tanzania, Zambia, Republik Demokratik Kongo)

Danau Tanganyika
Foto: Shutterstock

Danau Tanganyika adalah danau air tawar tertua kedua di dunia dan danau air tawar terpanjang di dunia dengan panjang 673 kilometer. Danau Tanganyika dikelilingi oleh pegunungan dan lembah di dalam Albertine Rift dan berada di ketinggian 773 meter di atas permukaan laut.

Lebih dari 85% danau seluas 32.600 kilometer persegi ini berada di Tanzania dan Kongo, dengan air mengalir ke Sungai Kongo dan Samudra Atlantik. Danau ini juga rumah bagi banyak pulau, termasuk Pulau Kavala, Pulau Milima, dan Pulau Mutondwe. Danau ini adalah rumah bagi kobra air, buaya nil, terrapin, sejumlah besar spesies ikan cichlid, serta sekitar 80 spesies ikan lainnya yang beberapa di antaranya adalah endemik.

7. Danau Baikal (Rusia)

Danau Baikal
Foto: Shutterstock

Danau Baikal terbentuk karena pergerakan dalam zona keretakan tektonik. Danau Baikal adalah danau air tawar terbesar di dunia tanpa es, dan mengandung sekitar 20% dari total air tawar dunia serta merupakan rumah bagi beberapa fauna air tawar paling bervariasi dan tidak biasa di dunia. Danau ini juga dianggap sebagai salah satu danau paling jernih di dunia. Walaupun menjadi danau terbesar ke-7 di dunia dengan luas permukaan total 31.500 kilometer persegi, danau ini juga merupakan danau terdalam di dunia dan danau terbesar kedua di dunia berdasarkan volume. Bahkan mungkin salah satu danau tertua dengan usia diperkirakan tidak kurang dari 25 juta tahun.

Baca juga : Marble Chaples : Telusuri Keindahan Batuan Marmer Di Tengah Danau yang Membentuk Gua Cantik

8. Great Bear Lake (Kanada)

Great Bear Lake
Foto: Plummer’s Arctic Lodges

Great Bear Lake merupakan danau terbesar di Kanada dan terletak tepat di Lingkar Arktik pada ketinggian 156 meter di atas permukaan laut. Danau dengan luas 31.000 kilometer persegi ini hampir beku sepanjang tahun. Situs Sejarah Nasional Saoyú-ʔehdacho dapat ditemukan di sisi barat danau. Ada juga tiga pondok di sekitar garis pantai 2.719 kilometer yang terkenal sebagai tujuan memancing dan berburu.

9. Danau Malawi (Malawi, Mozambique, Tanzania)

Danau Malawi
Foto: Shutterstock

Danau Malawi yang juga disebut sebagai Lago Niassa di Mozambik dan Danau Nyasa di Tanzania, adalah danau di Afrika yang sangat menakjubkan. Danau Malawi merupakan danau terbesar ke-9 di dunia dengan luas permukaan total 30.044 kilometer persegi. Danau ini dibentuk pada ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan laut karena pemisahan lempeng tektonik. Danau ini terkenal sebagai danau yang memiliki jumlah tertinggi spesies ikan di dunia, termasuk hampir 1.000 spesies ikan cichlid.

10. Great Slave Lake (Kanada)

Great Slave Lake
Foto: Shutterstock

Tidak hanya sebagai danau terbesar ke-10 di dunia, Great Slave Lake juga merupakan danau terdalam di Amerika Utara dengan kedalaman mencapai 614 meter. Danau ini mencakup area permukaan 28.930 kilometer persegi. Sungai Hay adalah aliran masuk utama, sedangkan aliran keluar utama adalah Sungai Mackenzie. Terletak jauh di utara pada ketinggian permukaan sekitar 156 meter, permukaan Great Slave Lake membeku hampir sepanjang tahun.

Itulah 10 danau terbesar di dunia yang bisa masuk ke dalam bucket list-mu untuk dikunjungi saat traveling ke mancanegara. Mana di antara semua danau di atas yang paling ingin kamu kunjungi?

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password