Danau Biru Sawahlunto, Keindahan Surga Tersembunyi di Sumatera Barat

Danau Biru Sawahlunto

Enaknyakemana.com – Sumatera Barat ternyata memiliki sebuah surga tersembunyi. Ya, di kota Sawahlunto terdapat sebuah danau yang terbentuk secara tak sengaja. Danau tersebut dinamakan Danau Biru Sawahlunto. Danau ini memiliki pemandangan yang indah karena airnya berwarna biru dan jernih serta bebatuan kapur dan tumbuhan hijau mengelilingi danau ini.

Keindahan Danau Biru Sawahlunto, Sumatera Barat

Danau Biru Sawahlunto

Danau ini dulunya merupakan sebuah tambang besar. Akan banyak dijumpai galian tambang batu bara di sini. Lubang bekas galian tambang kemudian membentuk cekungan seperti kuali kemudian terisi oleh air. Air tersebut lama-lama membentuk sebuah genangan dan menjadi sebuah danau yang sekarang lebih dikenal sebagai “Danau Biru”. Air danau ini begitu segar dengan pantulan warna biru pada permukaannya. Warna biru danau diduga karena pengaruh endapan air hujan dan kadar keasaman yang tinggi sehingga pantulan cahaya matahari berwarna biru.

Danau Biru Sawahlunto

Danau ini terletak di Tumpuak Tangah, Talawi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Akses menuju lokasi ini masih tergolong buruk karena jalanan masih berupa tanah berbatu yang kadang licin saat hujan. Danau tersebut berjarak kurang lebih 13 km dari pusat kota Sawahlunto dan sekarang menjadi ikon baru wisata Sawahlunto.

Sebelum menuju lokasi danau, pengunjung akan mencapai Taman Satwa Kandi terlebih dahulu kemudian baru melanjutkan perjalanan melewati tanah berbatu pada wilayah pertambangan. Disarankan untuk menggunakan motor khusus atau mobil tangguh yang biasa digunakan untuk jalan bebatuan. Jarak Taman Satwa Kandi ke Danau Biru sekitar 6 km.

Baca juga : Wisata Pantai Terindah yang Bisa Anda Temukan di Padang, Sumatera Barat

Kawasan danau ini masih menjadi areal pertambangan PT Aic Jaya. Warna birunya danau akan terlihat jelas dari puncak bukit. Meskipun berada dalam IUP PT AIC pengunjung masih diperbolehkan mengunjungi danau tersebut, namun dilarang untuk masuk ke areal tambang. Jika ingin menuju bibir danau maka pengunjung harus menuruni anak tangga yang dipagari dengan kayu seadanya sebagai tempat bergantungan. Pemandangan danau ini terlihat seperti background serial drama korea dengan batuan kapur dominan putih dan airnya yang biru.

Danau Biru Sawahlunto

Sayangnya obyek wisata ini belum banyak dipoles oleh pemerintah. Fasilitas kamar kecil belum diwujudkan dan pengelolaan objek wisata seperti tiket masuk dan parkir juga belum dibenahi. Pemerintah belum bisa mengelola objek wisata ini karena masih dalam IUP PT AIC dan apabila ingin mengelola maka perlu pencabutan IUP tersebut terlebih dahulu.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Danau Biru Sawahlunto sebaiknya berhati-hati dengan parkir liar yang banyak terdapat di tempat ini. Biaya parkir untuk sepeda motor Rp. 5.000,00/unit dan mobil Rp. 10.000,00/unit tanpa karcis. Dan saat mengunjungi lokasi tersebut pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk Rp.5.000,00/orang. Waktu yang tepat mengunjungi danau ini adalah saat langit cerah, karena pantulan sinar matahari pada air danau akan sempurna menghasilkan warna biru.

Baca juga : Rekomendasi 4 Tempat Wisata di Pulau Sumatera yang Paling Ramai Pengunjungnya

Tahukah Anda bahwa keindahan Danau Biru Sawalunto bisa diwujudkan dalam hunian rumah. Kolam renang dibentuk asimetris seperti bentuk danau. Gunakan batuan alam berwarna putih sebagai alas dan tepian. Tanami beberapa rumput atau tanaman hijau di tepian kolam.

Danau Biru Sawahlunto

Anda bisa menggunakan kolam renang berukuran besar atau kecil. Gunakan tangga dari bebatuan alami. Untuk memberi kesan biru segar dapat dengan memberikan lampu LED di dalam air atau bisa memposisikan kolam renang pada lingkungan terbuka. Lingkungan yang terbuka ini akan membuat pantulan sinar matahari menjadi sempurna karena tak ada yang menghalangi sinar matahari masuk ke dalam kolam renang.

Danau Biru Sawahlunto

Untuk menjaga kejernihan, air kolam renang perlu dikuras minimal 2 minggu sekali dan bersihkan air dari kotoran seminggu dua kali. Gunakan pompa air Shimizu Semi Pump Jet – 100 BIT dengan daya dorong maksimal hingga 29 meter dan daya hisap hingga 11 meter untuk mempermudah pengurasan karena debit air yang dihasilkan bisa mencapai 41 liter/menit. Shimizu telah teruji kualitasnya sekaligus berhasil mengantongi sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI), sehingga tidak perlu Anda ragukan lagi kualitasnya. Shimizu, Bintangnya Pompa Air!

 

Sumber image : blogspot, akurat, kicaunews, kapadang.blogspot, pinterest, shimizu

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password