Curup Maung, Eksotisme Air Terjun di Pedalaman Hutan Lahat Sumatra Selatan

Curup Maung

Enaknyakemana.com – Curup Maung merupakan salah satu dari 76 curup atau air terjun yang ada di Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan. Selain terkenal dengan Sungai Lematang, Curup atau Air Terjun adalah salah satu daya tarik kota Lahat yang terkenal yaitu Curup Maung.

Curup Maung memiliki keunikan yang jarang ditemui dari air terjun lainnya. Air terjun ini memiliki tinggi nyaris 80 meter. Curup Maung ini masih sangat eksotis walaupun sudah banyak dikunjungi wisatawan.

Dari sepanjang 80 meter tinggi air Curup Maung itu, terbagi-bagi oleh dinding jurang dan rerumputan yang hijau, inilah yang membuatnya nampak indah memukau dan berbeda dari air terjun kebanyakan. Anda dapat duduk bersantai di batu-batu besar yang ada di pinggir sungai sambil menikmati pemandangan,ataupun Anda bisa berswafoto di Curup Maung dengan hijau pepohonan yang ada di sekitar air terjun tersebut.

Curup Maung

Airnya sangat jernih, walaupun di musim hujan. Debit air tetap normal, walau di musim panas sekalipun. Menariknya, air terjun ini juga bertingkat, dengan tempat permandian yang sangat luas dan berada di aliran Sungai Lematang yang sangat jernih dan sejuk. Dinding air terjun ini memiliki dinding rerumputan hijau, yang menjadi daya tarik bagi para Pengunjung.

Baca juga

Selain itu, Anda juga dapat melihat pemandangan indah lainnya dari penampakan dua air terjun dari sebelah kanan Air Terjun Maung. Bagian bawah Air Terjun ini sering dijadikan sebagian tempat mandi atau berenang bagi para Wisatawan yang berkunjung. Tempat pemandiannya pun sangat luas mengalir ke Sungai Lematang yang terlihat jernih dan menyegarkan tubuh. Wisata ini cukup murah meriah, Anda hanya perlu merogoh biaya sebesar Rp. 5.000 untuk parkir. Sementara untuk memasuki wilayah Air Terjun Curup Maung tidak dikenakan biaya sama sekali.

Curup Maung

Perjalanan yang harus dilakukan supaya sampai ke Curup Maung ini cukup menantang. Lokasi Curup Maung bisa dicapai dengan sepeda motor maupun mobil selama 45 menit sampai 70 menit dari pusat kota. Sampai di Desa Padang Muaro Duo, Kecamatan Gumay Ulu, Anda harus memarkir kendaraan yang Anda bawa ke parkiran yang sudah disediakan oleh warga setempat. Dari sini, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan tracking atau jalan kaki selama kurang lebih satu jam melewati jalan setapak, melewati hutan sampai perkebunan kopi milik warga setempat dengan medan yang menurun dengan kemiringan 30-45 derajat. Dengan rute perjalanan ini sebaiknya kita mempersiapkan perlengkapan seperti air minum, logistik dan sebagainya, agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak di inginkan.

Bila Anda datang dari luar daerah Sumatera Selatan, Anda bisa menempuh perjalanan lewat udara, Anda bisa menuju Bandara Silampari Lubuklinggau, atau lewat Bandara Sultan Mahmud Badarudin II Palembang, baru kemudian mengakses Lahat melalui perjalanan darat. Agar lebih hemat, unduh dulu Aplikasi Akulaku, yang menjadikan Anda bisa membeli tiket pesawat secara kredit. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapat sejumlah promo dan diskon tiket pesawat, yang menjadikan perjalanan Anda bisa lebih hemat. Tertarik menyaksikan indah dan eksotisnya air terjun yang satu ini?

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password