Chand Baori, Sumur Terbengkalai yang Kini Jadi Tempat Wisata

Chand Baori
Rate this post

Enaknyakemana.com – India memang terkenal dengan Taj Mahalnya yang melegenda. Bukan hanya Taj Mahal, namun juga terdapat banyak bangunan-bangunan bersejarah yang patut untuk dikunjungi bila pergi ke negara ini. India memiliki jumlah penduduk yang padat dengan budaya dan tradisi yang masih kental melekat di masyarakat, namun menjadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung ke negara ini.

Film-film Bollywood yang dihasilkannya pun cukup mendunia dan banyak diminati baik oleh penduduk lokal hingga mancanegara. Negara ini menghasilkan rempah-rempah yang tak kalah dengan Indonesia, oleh karena itu makanan-makanan yang disediakan pun bercita rasa rempah yang kuat.

Chand Baori

Terdapat fakta menarik soal air di India. Jika di Indonesia kita akan sangat mudah menjumpai air bersih, tidak dengan India yang warganya harus rela mengantri dan menunggu seminggu sekali untuk mendapatkan air bersih melalui truk pengangkut air milik pemerintah. Pemerintah telah mengupayakan segala cara untuk mendapatkan air bersih untuk masyarakat. Salah satunya adalah memanfaatkan Chand Baori yang terletak di desa Abhaneri, Timur Rajasthan. Chand Baori ini dahulunya merupakan sumur yang sangat terkenal di India.

Chand Baori

Chand Baori didirikan sekitar abad ke 8 atau ke 9 atas perintah King Chanda dari Dinasti Nikumbha dan digunakan sebagai penyedia pasokan air sepanjang tahun. Pada saat itu Chand Baori menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar. Namun, lama kelamaan sumur ini sudah tidak digunakan lagi semenjak pengairan modern sudah diterapkan di wilayah tersebut.

Baca juga : Tempat Wisata Di India yang Paling Terkenal Dan Paling Banyak Dikunjungi

Lokasi ini dapat ditempuh dari Jaipur kemudian pergi ke Sikandra dan dilanjutkan dengan naik taksi atau jip ke Abhaneri, bisa juga dengan pergi ke Gular dengan bus dan berjalan sekitar satu jam ke Abhaneri. Letaknya begitu terpencil dan tidak semua wisatawan mengetahuinya, sehingga lokasi ini sangat sepi pengunjung.

Chand Baori

Keunikan dan keindahan sumur ini adalah adanya 3500 anak tangga yang mengarah ke dasar sumur dan dibagi menjadi 13 lantai yang turun sejauh 20 meter ke permukaan air dan bisa dilewati wisatawan. Bangunan persegi spektakuler dengan penuh tangga sehingga Chand Baori juga disebut sebagai sumur tangga.

Tangga yang dibuat pun berbentuk segitiga dengan anak tangga di kedua sisinya. Pengunjung bisa masuk dan menuruni tangga, namun demi keselamatan 4 lantai terbawah ditutupi pagar. Sumur ini memiliki 4 sisi dimana ketiga sisinya digunakan sebagai anak tangga dan satu sisi lagi digunakan sebagai paviliun.

Baca juga : 3 Kudapan Lezat Berbuka Puasa khas India, Nomor Tiga Kaya Rempah!

Meskipun bangunan ini sudah tidak digunakan, namun bagian-bagian dari bangunan ini masih bisa kita nikmati keindahannya selain dari tangga yang menjulur ke bawah sumur. Di dinding-dindingnya pun terdapat relief-relief yang menceritakan tentang sejarah di daerah tersebut.

Chand Baori

Banyak wisatawan yang datang kemari hanya untuk mengabadikan momen di dalam kameranya. Wisatawan yang berkunjung pun beragam, ada domestik maupun mancanegara. Sutradara Christopher Nolan pun ikut mengabadikannya di dalam film Dark Knight Rises. Air di sumur ini berwarna hijau zamrud sangat kontras dengan bangunan kolam.

Chand Baori

Bagian bawah sumur tetap dingin yaitu 5-6 derajat celcius lebih dingin dibanding lingkungan sekitar meskipun cuaca Rajasthan sangat panas. Sumur ini terbuat dari batu vulkanik yang gelap dan berpori sehingga air akan masuk ke dalam sumur melewati sisi dan bawah sumur serta dari air hujan yang jatuh.

Chand Baori 

Berbicara tentang sumur, bagaimanakah dengan sumur di daerah Anda? Menggunakan sebuah sumur raksasa, sumur bor pribadi, atau justru tak menggunakan sumur karena mata air yang berlimpah ruah? Jika Anda menggunakan sumur pribadi, gunakan selalu pompa air SHIMIZU tipe PS-150 BIT yang cocok digunakan pada sumur dalam.

Shimizu PS-150 BIT termasuk pompa air untuk sumur dangkal. Kemampuan menghisapnya mencapai 9 meter dalamnya dengan daya dorong maksimal hingga 40 meter. Debit air yang dihasilkan bisa mencapai 17 liter/menit. Shimizu telah teruji kualitasnya dan mengantongi Standar Nasional Indonesia, sehingga sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menjaga pasokan air di rumah. Gunakan selalu Shimizu dan nikmati berbagai kemudahan dalam menyuplai kebutuhan air bersih. Shimizu, Bintangnya Pompa Air!

 

Sumber image : gotraveldiscoverer, windowstonews, inditrip, routard, xflow, desertillusion, shimizu

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password