Cara Naik Pesawat Bagi Kamu yang Masih Pertama Kali

Cara Naik Pesawat Bagi Kamu yang Masih Pertama Kali

EnaknyaKemana.com – Naik pesawat mungkin menjadi salah satu keinginan terbesar bagi beberapa orang. Baik itu untuk tujuan liburan, kunjungan bisnis atau hal lainnya. Bagi beberapa orang yang baru pertama kali akan naik pesawat, pasti masih bingung bagaimana prosedur atau tata caranya. Karena itulah, pada artikel kali ini akan dijelaskan secara rinci bagaimana cara naik pesawat bagi yang baru pertama kali.

Cara yang akan dibahas ini berlaku untuk semua maskapai yang ada di dunia ataupun luar negeri. Jadi, disimak baik-baik dan jangan sampai ada prosedur atau langkah yang dilewatkan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasannya di bawah ini!

Cara Naik Pesawat Bagi Kamu yang Masih Pertama Kali

Memesan tiket pesawat

Hal yang pertama kali harus dilakukan dalam cara naik pesawat tentunya memesan tiketnya. Memesan tiket pesawat sudah bisa dilakukan dengan mudah saat ini, baik dengan datang ke tempat penyedia jasa tiket atau membelinya secara online melalui aplikasi. Untuk pemesanan tiket online sendiri memang dirasa lebih mudah dan praktis. Penyedianya pun cukup banyak seperti, Traveloka, Pegi Pegi, Airy, dan lain sebagainya.

Sebelum membeli tiket pesawat, sebaiknya kamu pikirkan terlebih dahulu maskapai apa yang ingin kamu naiki. Di Indonesia ada cukup banyak jenis maskapai yang menawarkan perjalanan domestik maupun ke luar negeri. Pertimbangkan untuk masalah bagasi yang ditawarkan oleh masing-masing maskapai. Ini sangat penting bagi kamu yang naik pesawat membawa barang banyak.

Selain itu, mengingat terminal keberangkatan juga penting saat akan naik pesawat. Jangan sampai kamu salah mengunjungi terminal keberangkatan.

Baca juga : Simak Dulu Kapan Waktu Terbaik Beli Tiket Pesawat

Hal yang harus dilakukan di hari keberangkatan

Waktu atau hari keberangkatan sudah tiba, waktunya kamu datang ke terminal keberangkatan yang sudah dipilih saat memesan tiket pesawat. Sebaiknya di hari keberangkatan ini kamu datang ke bandara lebih awal. Ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti terlambat chek-in atau juga ketinggalan pesawat.

Cara naik pesawat selanjutnya adalah dengan melakukan chek-in di bandara. Siapkan tike atau e-tiket dan kartu identitas yang masih berlaku, seperti KTP, SIM, atau Paspor. Pastikan juga kamu mendaftarkan bagasi saat chek-in untuk mempermudah menaruh barang-barang yang dibawa. Untuk barang-barang penting seperti dompet, smartphone dan barang penting lainnya sebaiknya kamu taruh di tas kecil dan dibawa ke dalam pesawat, jangan dibiarkan berada di bagasi.

Selanjutnya adalah menunggu di gate atau pintu masuk yang sesuai dengan boarding pass yang diberikan saat sudah melakukan chek-in tadi. Ini bertujuan agar kamu tidak salah menunggu pesawat akan terbang dan juga agar tidak ketinggalan. Dan saat berada di dalam pesawat, sebaiknya kamu patuhi semua peraturan yang sudah ditetapkan oleh masing-masing maskapai.

Baca juga : Biar Nggak Begah, Makanan Ini Wajib Dihindari Kalau Naik Pesawat

Mandarat di bandara tujuan

Saat sudah sampai di bandara tujuan, apa yang harus dilakukan selanjutnya? Cara naik pesawat ketika sudah sampai di tujuan, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Yang pertama adalah jangan langsung menghidupkan handphone sebelum berada di gedung bandara. Meskipun sudah turun dari pesawat, sinyal handphone ini masih bisa mengganggu komunikasi sang pilot dengan si pengatur lalu lintas di sana.

Yang kedua adalah jangan lupakan untuk mengambil barang-barang kamu yang diletakkan di garasi. Pastikan kamu sudah berada di tempat pengambilan bagasi yang benar sesuai dengan nomor penerbangan ataupun kota asal kamu. Hal ini untuk menghindari kamu mengambil barang di tempat yang salah.

Itulah dari sedikit informasi mengenai cara naik pesawat bagi kamu yang masih pertama kali. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password