Cara Menghilangkan Rasa Mual Saat di Perjalanan Paling Ampuh

Cara menghilangkan rasa mual

Enaknyakemana.com – Bukan masalah baru, mabuk perjalanan kerap kali dirasakan banyak orang. Terlebih jika medan perjalanan yang ditempuh penuh belokan dan naik-turun. Karena demikian, bagi Anda yang sering mabuk perjalanan hendaknya memahami cara menghilangkan rasa mual saat di perjalanan.

Namun sebelumnya, pasti Anda juga penasaran bukan kok bisa terjadi mual saat di perjalanan? Dalam dunia medis fenomena tubuh seperti ini disebut dengan motion sickness yang dipengaruhi berbagai hal. Dilansir health.detik.com (04/19), menurut dr. Felix Samuel rasa mual atau mabuk perjalanan disebabkan oleh gangguan pusat keseimbangan yang ada di pusat otak, mata, telinga, otot dan sendi.

Dr. Felix melanjutkan menjelaskan bahwa hal tersebut terjadi karena tubuh merasakan hal yang tidak sinkron, mata yang memandang jalan sedangkan otot sebenarnya tidak bergerak seperti apa yang ada pada pandangan. Di sisi lain, telinga mendengar suara gerakan padahal yang bergerak hanyalah kendaraan bukanlah tubuhnya. Mabuk perjalanan bisa disebebakan kondisi badan dalam keadaan kurang sehat, membaca buku atau bermain smartphone saat di perjalanan, kondisi hormonal, seperti hamil atau menstruasi ataupun gangguan keseimbangan seperti migrain.

Cara Menghilangkan Rasa Mual

Cara menghilangkan rasa mual
Foto: Shutterstock

Meski demikian, mabuk perjalanan wajar saja dan tidak termasuk pada kondisi yang berbahaya. Hanya saja membuat perjalanan tidak nyaman karena harus menderita mual dan muntah-muntah. Selain itu, muntah di dalam kendaraan juga akan mengganggu kenyamanan orang lain di sebelahnya.

Oleh karena itu cara menghilangkan rasa mual dalam kendaraan sangat penting dipahami demi kenyamanan bersama. Berikut ini beberapa cara mengatasinya:

  • Tidak dianjurkan mengonsumsi makanan berat sebelum bepergian, bila merasa lapar boleh mengonsumsi camilan saja
  • Bagi Anda yang sering merasa mual dan mengalami mabuk perjalanan pilihlah kursi yang  membuat leluasa pemandangan dan searah dengan jalan
  • Duduk di samping sopir akan membuat pandangan lebih lurus
  • Duduk di samping jendela saat naik pesawat
  • Memilih kursi geladak saat naik kapal
  • Jauhi tempat yang berbau tidak sedap atau berbau tajam
  • Jangan sampai kurang tidur saat di perjalanan
  • Hindari minuman beralkohol
  • Jangan menggunakan smartphone atau membaca buku.
  • Mematikan AC apabila memungkinkan
  • Tidak dianjurkan duduk di kursi belakang karena guncangan biasanya lebih sering dirasakan pada kursi belakang, duduk di kursi tengah akan terasa lebih nyaman
  • Hindari makanan berlemak tinggi dan makanan pedas
  • Jangan membaringkan badan setelah makan
  • Usahakan tidak minum saat makan di perjalanan
  • Minum air putih yang cukup
  • Mengonsumsi jahe namun tak dianjurkan apabila Anda memiliki tekanan darah rendah
  • Minyak pepermin, menurut studi yang pernah dilakukan aroma pepermin dapat mengatasi rasa mual dalam 57%  kasus, cukup menghirupnya saat di perjalanan
  • Mengontrol pernapasan dengan perlahan-lahan menghirup dan mengeluarkannya dapat menjadi salah satu penangkal mual yang cukup ampuh
  • Relaksasi otot-otot dengan pemijatan di area pergelangan tangan dan betis kurang lebih selama 20 menit
  • Mengonsumsi vitamin B6 sangat dianjurkan sebagai salah satu obat mual khususnya bagi wanita hamil

Itulah berbagai cara menghilangkan rasa mual saat di perjalanan. Di antara Anda mungkin masih sedikit kebingungan mencari makanan apa yang cocok saat bepergian, terlebih sebentar lagi musim mudik lebaran. Demi memastikan perjalanan Anda baik-baik saja tanpa diganggu rasa mual, berikut ini camilan sehat yang cocok dikonsumsi saat bepergian.

Baca juga: Sering Mabuk Perjalanan? Simak 6 Tips Untuk Mencegahnya

Camilan Sehat Penghilang Rasa Mual

Cara menghilangkan rasa mual
Foto: Shutterstock

Kacang-kacangan

Selain sehat, kacang juga sangat praktis untuk dikemas bersama barang bawaan Anda. Jenis kacang almond, mete dan kacang tanah bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda konsumsi saat berada dalam kendaraan.

Roti

Roti yang dimaksud adalah roti yang terbuat dari gandum, keju, daging sapi dan sayur-sayuran. Selain itu, makanan ini juga cukup mengenyangkan sehingga Anda tak akan merasa lapar terus-menerus saat di perjalanan.

Salad

Apabila Anda menyukai buah-buahan, tepat rasanya mempersiapkan camilan sehat salad buah untuk bekal di perjalanan. Pilihlah stroberi, semangka dan melon agar terhindar dari rasa mual. Sedangkan bagi Anda yang lebih menyukai sayur-sayuran, bisa memilih timun, selada, tomat cherry dan kacang edamame.

Baca juga: Ingat 4 Hal Ini, Dijamin Perjalananmu Akan Lebih Nyaman dan Menyenangkan

Demikianlah pemaparan seputar cara menghilangkan rasa mual saat di perjalanan. Sebelum merencanakan perjalanan, pastikan kondisi tubuh Anda benar-benar sehat. Oh iya, hindari juga mengonsumsi minuman yang bersoda. Banyak orang menyangka minuman bersoda dapat mengatasi mabuk perjalanan, padahal minuman jenis ini justru malah membuat tubuh dehidrasi, kemudian memicu rasa pening dan perut tidak nyaman.

Featured image: Shutterstock

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password