Cara Membuat Paspor Secara Online dan Persyaratannya

Cara Membuat Paspor Secara Online dan Persyaratannya

EnaknyaKemana.com – Paspor dibutuhkan ketika kita akan melakukan perjalanan ke luar negeri, baik untuk urusan kerja, liburan ataupun hal yang lainnya. Dengan memiliki paspor kita tentunya bisa dengan bebas melakukan perjalanan ke luar negeri. Tapi demikian, tidak banyak yang tahu bagaimana cara membuat paspor, baik itu secara offline ataupun online. Seiring berkembangnya teknologi, pembuatan paspor sekarang lebih mudah dengan sistem online.

Dengan menerapkan cara membuat paspor online, kita tidak perlu lagi mengantre dan harus datang ke kantor Imigrasi berulang-ulang. Kita mendatangi kantor tersebut hanya ketika akan mengambil paspor yang sudah jadi. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak ulasan di bawah ini!

Cara Membuat Paspor Secara Online dan Persyaratannya

Sebelum menerapkan cara membuat paspor online, perlu kamu tahu apa saja syarat dalam pembuatannya. Beberapa syarat pembuatan paspor online bagi WNI yang yang sudah berkeluarga, antara lain:

  • Kartu Tanda Penduduk atau KTP
  • Kartu keluarga atau KK
  • Akta kelahiran atau surat baptis
  • Akta perkawinan atau buku nikah, ijazah
  • Jika ingin perpanjang, maka butuh paspor lama

Sementara bagi anak yang ingin membuat paspor maka persyaratannya, antara lain:

  • KTP kedua orang tua
  • Kartu Keluarga atau KK
  • Akta kelahiran atau surat baptis
  • Buku nikah orang tua atau akta perkawainan
  • Paspor lama jika ingin melakukan penggantian atau perpanjangan

Baca juga : Ingin Liburan Keliling Eropa? Siapkan 6 Hal Ini

Setelah semua syarat di atas terpenuhi, selanjutnya adalah cara membuat paspor secara online. Untuk langkah-langkah selengkapnya bisa disimak di bawah ini:

  1. Mengakses website imigrasi. Cara membuat paspor secara online yang pertama adalah dengan mengakses website resmi dari imigrasi. Alamatnya yaitu imigrasi.go.id. Pada halaman utama, kamu tinggal pilh menu “Layanan Publik-Layanan Online. Setelah itu, pilih opsi Layanan Paspor Online.
  2. Pra Permohonan Personal. Langkah berikutnya adalah dengan memilih opsi Pra Permohonan Personal. Opsi ini berada di bagian tengah tampilan dengan bergambar ikon orang dan paspor.
  3. Mengisi formulir. Nantinya kamu akan dibawa ke halaman pengisian data formulir. Isi kolom formulir sesuai data diri kamu yang sebenar-benarnya. Pastikan kamu memasukkan informasi data diri dengan teliti dan benar, jangan sampai salah memasukkan data.
  4. Menyelesaikan administrasi. Setelah semua data diri diinput pada setiap kolom formulir, selanjutnya adalah melakukan pembayaran sesuai besaran biaya yang sudah ditetapkan. Jika sudah melakukan pembayaran, selanjutnya mengkonfirmasi pada halaman tersebut. Mengkonfirmasi pembayaran dibutuhkan agar pembuatan paspor online bisa segera diproses oleh pihak imigrasi.
  5. Verifikasi berkas dan wawancara. Meskipun namanya membuat paspor secara online, tapi tetap saja kamu harus datang ke kantor imigrasi untuk menyelesaikan proses pembuatan. Mendatangi kantor imigrasi diperlukan untuk melakukan verifikasi berkas yang sudah diinput mealui website. Selain verifikasi berkas, nantinya kamu juga akan diwawancarai oleh pihak imigrasi. Dalam wawancara yang sering ditanyakan adalah apa tujuan kamu membuat paspor tersebut.
  6. Mengambil paspor yang sudah jadi. Jika semua proses sudah dilakukan dengan benar dan berurutan, nantinya pihak imigrasi akan menghubungi kamu perihal paspor yang sudah selesai dibuat. Kamu tinggal datang kembali ke kantor imgrasi untuk mengambil paspor yang sudah dibuat tersebut.

Baca juga : 5 Hal yang Bisa Buat Permohonan Visa Ditolak

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara membuat paspor secara online di atas? Banyak yang bilang membuat paspor secara online dianggap lebih rumit. Padahal jika dilakukan dengan benar dan sesuai urutan, hal ini cukup mudah lho dibandingkan membuat paspor secara manual. Sekarang kamu tidak perlu lagi bingung soal paspor saat akan pergi ke luar negeri, baik untuk bekerja, pendidikan, atau bahkan liburan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password