Wajib Baca! Cara Aman Berkendara di Musim Hujan

Cara Aman Berkendara di Musim Hujan

Enaknyakemana.com – Menjelang akhir tahun, kita akan semakin akrab dengan hujan. Karena Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang hanya memiliki dua musim saja yaitu, musim kemarau dan musim hujan. Musim hujan atau dikenal juga dengan istilah musim basah biasanya berlangsung dari bulan Oktober hingga Maret. Namun puncak musim hujan biasa terjadi pada bulan Desember hingga bulan Februari.

Bagi kita yang tinggal di Indonesia, banyak diantara kita yang mengandalkan sepeda motor sebagai moda transportasi utama untuk bepergian tak terkecuali ketika musim hujan. Pada saat itu, kita jelas membutuhkan​​ jas hujan​ (​rain coat) untuk melindungi diri agar tidak basah kuyup.

Selain bisa membantu melindungi agar pakaian dan tubuh tidak basah oleh air hujan, ​raincoat juga bermanfaat sebagai ​windbreaker yang akan melindungi tubuh agar tidak kedinginan di bawah cuaca yang dingin akibat hujan.

Dengan menggunakan ​raincoat, tubuh akan jauh lebih hangat sehingga tidak mudah sakit. Namun sayang, masih banyak masyarakat yang tidak menyadari bahwa jas hujan yang tadinya menguntungkan, justru bisa juga merugikan dan menyebabkan kecelakaan karena digunakan dengan cara yang tidak tepat.

Nah, karena dasar itulah saya tertarik untuk mencoba membahas cara aman berkendara di musim hujan. Karena masih banyak masyarakat Indonesia yang suka lalai terhadap keselamatan sendiri maupun orang lain.

Cara Aman Berkendara di Musim Hujan

Biasakan menurunkan kecepatan ketika melewati jalan yang basah

Cara Aman Berkendara di Musim Hujan

Pada saat basah, kondisi jalanan akan berubah menjadi licin. Padahal, ban motor yang kita gunakan tidaklah berubah. Yang pada dasarnya, sebagian besar ban yang kita gunakan adalah “ban kering” atau yang diformulasikan untuk kondisi kering. Itu artinya, apabila digunakan di tempat yang basah, ban motor akan mudah selip atau terpeleset dan tidak punya daya cengkram yang baik.

Sering kita lihat pengendara motor yang berusaha memacu sepeda motor hingga melaju sangat kencang di musim hujan. Berdasarkan pengalaman pribadi, ada dua alasan utama kenapa seseorang biasanya justru jadi ngebut ketika musim hujan, diantaranya adalah:

  • Ingin menghindari hujan agar tidak basah kuyup
  • Ingin segera sampai karena ​ogahterkena air hujan yang dingin dan membuat tubuh jadi kuyup
  • Memacu kendaraan pada kecepatan tinggi ketika jalanan basah atau pada saat hujan sangat berbahaya. Ada 2 bahaya utama yang bisa ditimbulkan yaitu:
  • Jarak pandang yang terbatas akibat helm yang basah dan akibat hujan berpotensi menyebabkan kita salah dalam menebak jarak aman saat berkendara
  • Kondisi jalanan yang licin akan membuat ban mudah selip dan sulit berhenti pada jarak yang tepat ketika melakukan pengereman karena ban akan tergelincir dan terseret lebih jauh dibandingkan saat kondisi jalanan kering

Baca juga : Travelling di Musim Hujan? Wajib Bawa 4 Barang Ini!

Berhati-hatilah saat mengenakan jas hujan model Ponco

Cara Aman Berkendara di Musim Hujan

Ketika menggunakan ​raincoatmodel klasik ini, biasanya bagian belakang jas hujan tersebut bisa menutupi lampu belakang. Hal ini sangat berbahaya mengingat peran lampu belakang sangat penting saat hujan, agar pengendara di belakang bisa melihat dengan lebih jelas posisi kendaraan kita.

Jadi, kalau kamu masih menggunakan jas hujan model Ponco atau model klasik tersebut, pastikan kamu menduduki bagian belakangnya agar tidak menutupi rem belakang motormu.

Pastikan lampu dalam keadaan menyala

Cara Aman Berkendara di Musim Hujan

Lampu depan maupun lampu belakang motor wajib menyala saat hujan. Karena hujan menyebabkan jarak pandang menjadi sangat terbatas. Akibatnya, motor yang melaju kencang dari belakang bisa saja terlambat mengerem dan menyadari keberadaan motor kita karena tidak terlihat jelas.

Oleh sebab itu, biasakan diri untuk memeriksa kondisi motor sebelum digunakan. Pastikan lampunya menyala baik lampu depan maupun lampu belakang serta lampu rem dan lampu sein. Karena peran lampu motor sangat penting seperti yang telah saya jelaskan di atas.

Baca juga : 5 Tips Agar Liburan Tetap Menyenangkan Meski Musim Penghujan

Pasang box motor jika kamu sering membawa barang

Cara Aman Berkendara di Musim Hujan

Membawa barang dengan menggunakan tas memang menyenangkan. Tapi sayang, jarang sekali ada tas anti air yang bisa melindungi barang-barang yang kita masukkan ke dalamnya agar tidak basah saat hujan. Agar lebih nyaman saat berkendara di musim hujan, kamu sebaiknya memasang box motor agar:

  • Agar tidak terburu-buru karena harus melindungi barang yang berpotensi rusak apabila terkena air
  • Kamu akan lebih nyaman jika menggunakan box motor dibandingkan dengan tas apabila menggunakan jas hujan model setelan baju dan celana
  • Barang barang yang kamu bawa akan lebih aman jika ditempatkan di tempat yang terlindungi dan tidak basah seperti box motor

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password