Backpacking Keliling Jawa di Bulan November? Wajib Datangi 3 Festival Budaya Ini!

Backpacking Keliling Jawa

Enaknyakemana.com – Liburan merupakan salah satu agenda yang paling dinanti oleh setiap orang terutama bagi mereka yang selalu disibukkan dengan jadwal harian yang padat. Berlibur menjadi sarana merilekskan dan memanjakan diri, bisa dengan tour ke beberapa tempat, naik gunung, berlibur ke pantai atau sekedar me time di rumah.

Kamu bisa memilih berbagai cara untuk menikmati liburanmu, salah satunya dengan backpacking ke beberapa tempat. Jika kamu berencana untuk menghabiskan liburanmu di bulan November tahun ini dengan backpacking keliling Jawa, maka tidak ada salahnya untuk mengikuti jadwal event Indonesia yang ada. Berikut ini adalah tiga event festival budaya di Jawa yang bisa kamu datangi untuk menumbuhkan rasa cinta pada Indonesia saat backpacking keliling Jawa.

Festival Budaya yang Wajib Didatangi Saat Backpacking Keliling Jawa di Bulan November Nanti

1. Festival Tempo Doeloe, DKI Jakarta

Backpacking Keliling Jawa

Siapa yang tak kenal dengan kota tua Jakarta? Jika kamu berkunjung ke Jakarta maka akan sangat disayangkan jika kamu tidak mengunjungi salah satu destinasi ikonik yang dimiliki Jakarta ini. Bulan November 2018 ini kamu juga bisa sekaligus menghadiri Festival Tempo Doeloe yang akan dilaksanakan pada 10 November 2018 di sekitar kota tua Jakarta.

Pada festival ini kamu akan merasakan suasana tempo dulu di Jakarta karena pengunjung wajib memakai pakaian era dulu dan juga terdapat beberapa titik untuk menampilkan pertunjukkan teater beberapa tahun silam. Selain sebagai sarana hiburan, tentu festival ini juga sebagai ajang untuk melestarikan budaya yang ada di Indonesia sekaligus untuk media belajar yang menyenangkan.

Baca juga : Pecinta Sastra, Wajib Datangi Perhelatan Ubud Writers & Readers Festival 2018

2. Jogja International Heritage Walk, Yogyakarta

Backpacking Keliling Jawa

Berbeda dengan di DKI Jakarta, Yogyakarta melakukan festival budaya dengan cara melakukan kegiatan jalan kaki berskala Internasional yang disebut Jogja International Heritage Walk (JIHW) yang akan dilaksanakan pada 17-18 November 2018. Jogja Walking Association selaku penyelenggara mengusung konsep jalan sehat yang bukan hanya untuk kesehatan namun juga sebagai gerakan sadar lingkungan (green environment).

Event ini dihadiri bukan hanya oleh masyarakat Indonesia saja, namun juga masyarakat Internasional dari berbagai negara baik di Asia maupun di benua lainnya. Acara pembukaan akan berlangsung pada 16 November 2018 dimulai dengan acara Friendship Walk Candidate of IVV Permanent Walk yang akan dilaksanakan di desa Kalangan, Turi, Sleman, Yogyakarta pukul 06.00-10.00 WIB.

Acara kemudian dilanjutkan dengan IVV Congress Meeting pada pukul 12.30-14.30 WIB di Hotel Hyatt Regency, IVV ASIANPIAD Parade pada pukul 15.00-17.30 WIB dimulai dari Inna Garuda Hotel dan terakhir IML-IVV Welcome Dinner yang akan dilaksanakan di Hotel Hyatt Regency pada pukul 18.00-21.00 WIB.

Pada 17 November 2018 acara jalan sehat akan dimulai dari halaman Candi Prambanan di kompleks Brahma yang dimulai dari pukul 06.00-14.00 WIB kemudian disertai dengan acara berenang yang akan dilaksanakan pukul 10.00-14.00 di kolam renang Tirta Sari dan diakhir acara akan ada makan malam bersama pada pukul 18.30-21.00 WIB di Joglo Turi, desa Kalangan.

Acara kemudian dilanjutkan di hari ke dua tepatnya 18 November 2018 dengan jalan sehat yang dimulai pukul 06.00-14.00 WIB dari desa wisata Pancoh dan juga disertai dengan acara bersepeda 10K dari desa wisata Turi pada pukul 11.00-14.00 WIB kemudian diakhiri dengan Farewell Dinner di Bilik Kayu Heritage pada pukul 18.30-21.00 WIB. Bagi kamu pecinta olahraga ini, maka ini adalah event terbaik menyalurkan hobi sekaligus mengenal Yogyakarta lebih dekat.

Baca juga : 5 Festival Musik Terbaik di Indonesia yang Harus Banget Anda Ikuti

3. Festival Budaya Cirebon, Jawa Barat

Backpacking Keliling Jawa

Lanjut ke event setelahnya yaitu Festival Budaya Cirebon 2018 yang akan dilaksanakan pada 21-28 November 2018 di kabupaten Cirebon. Festival ini diharapkan mampu meningkatkan kecintaan penonton terhadap kesenian yang ada di Cirebon. Festival Budaya Cirebon ini sepenuhnya didukung oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan masuk ke dalam Top 100 event pariwisata nasional. Festival ini mengusung tema “Kereta Paksi Naga Lima” yang merupakan warisan pusaka dari Cirebon dan berbagai kesenian tradisional khas Cirebon akan banyak ditampilkan seperti seni bray, tari angklung bungko, wayang wong, fashion show, kuliner lokal dan masih banyak lagi. Bagi kamu pecinta budaya Indonesia tentu festival ini akan sangat menarik untuk dikunjungi.

Untuk mempersiapkan backpacking keliling Jawa, tak ada salahnya memilih agen wisata yang mampu memenuhi semua kebutuhanmu. Pilih via.id sebagai agen travel terbaik yang menyediakan penawaran harga terbaik dibandingkan agen travel lainnya.

Temukan harga tiket kereta api terbaik hanya di via.id/train. Situs via.id menampilkan harga final, sehingga tidak perlu takut ada biaya tambahan ketika liburan. Harga yang ditampilkan pun adalah harga termurah dibandingkan agen travel lainnya! Tunggu apalagi, segera rancang liburan berkesanmu ke seluruh sudut pulau Jawa.

 

Sumber image : unsplash, wikimedia, jogjaprov, ytimg

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password