Alasan Mengapa Kamu Harus Berwisata Ke Mesir

Alasan Mengapa Kamu Harus Berwisata Ke Mesir
Rate this post

Enaknyakemana.com – Siapa yang tidak kenal Mesir? Rasanya tidak ada. Bahkan sejak SD pun anak-anak di Indonesia sudah tahu bahwa salah satu keajaiban dunia, Piramida, terletak di Mesir. Nah,  jika kamu ingin merasakan keseruan berwisata alam, sejarah, religius, atau kuliner sekaligus, maka Mesir layak untuk dipertimbangkan.

Selain paket wisatanya lengkap berwisata ke Mesir juga tidak akan menguras tabunganmu karena biaya hidup di negera ini cukup murah. Tidak jauh berbeda dengan Indonesia, dengan uang Rp 800 ribu hingga Rp 1 juta itu sudah cukup untuk makan dan biaya flat. Untuk tarif hotel lokal berkisar antara Rp 50-275 ribu/malam. Sangat murah.

Penulis berkesempatan mengunjungi Mesir dalam rangka mengikuti Arabic Short Course selama enam bulan di Suez Canal University, Ismailiya. Selama enam bulan itu, selain belajar di kampus dan bergaul dengan masyarakat sekitar, penulis memanfaatkan waktu libur untuk mengeksplor kekayaan wisata Mesir yang menakjubkan. Berikut ini adalah aktivitas yang bisa kamu lakukan saat berwisata ke Mesir.

Alasan Mengapa Kamu Harus Berwisata Ke Mesir

Wisata Sejarah untuk mengenal keunikan Mesir

berwisata ke Mesir, melihat Sphinx
Foto: Pexels

Sudah bukan rahasia lagi jika Mesir terkenal dengan kekayaan sejarahnya. Para ahli pun sepakat bahwa Mesir adalah peradaban tertuan yang ada di muka bumi. Dari negeri inilah tulisan, ilmu pengetahuan, sistem pemerintahan, sosial, dan ekonomi bermula. Setiap lembaran dalam sejarahnya, Mesir selalu memiliki keunikan dan keagungan tersendiri yang menjadi mercusuar peradaban pada zamannya.

Jika kamu ingin berwisata sejarah di Mesir, ada banyak peninggalan dari bebagai fase sejarah yang dinikmati. Dimulai dari masa Fir’aun, kamu akan menyaksikan bangunan-bangunan indah nan megah di berbagai penjuru Kairo dan kota-kota lainnya. Sebut saja Piramida dan Sphinx. Kedua bangunan itu telah lama menjadi pusat perhatian dunia. Bangunan berusia puluhan ribu tahun itu adalah bukti bahwa sejak dahulu kala terdapat perdaban yang dahsyat di muka bumi ini. Kamu bisa menyaksikan Piramida dan Sphinx di Giza, tidak jauh dari Kota Kairo.

Jika ingin mengeksplor lebih jauh keagungan peradaban Mesir zaman Fir’aun, kamu bisa berkunjung ke Museum Tahrir. Di sana kamu akan menyaksikan berbagai peninggalan Firaun dari berbagai generasi seperti kereta, alat-alat teknologi pertanian, patung dan lain-lain. Di museum ini kamu juga bisa menyaksikan langsung mumi Fir’aun yang masih utuh.

Selain peninggalan masa Firaun, peninggalan masa Islam juga sangat menarik di kunjungi. Hampir setiap jengkal dari tanah Kairo merupakan artefak peninggalan sejarah. Kamu bisa berkunjung ke masjid-masjid bersejarah nan megah dan indah seperti Masjid Al Azhar, Masjid Ibn Thulun, Masjid Sultan Hasan, dan banyak lagi. Kamu juga bisa menikmati keindahan berbagai benteng dan istana peninggalan para khalifah dan sultan. Sebut saja Benteng Salahuddin, Komplek Syari Muiz, dan Babul Futuh.

Peninggalan zaman kolonialisme juga menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa mengunjungi Suez Canal, Istana Raja Faruk, atau bangunan-bangunan peninggalan Perancis dan Inggris.

Baca juga : Destinasi Liburan Luar Negeri yang Tidak Bikin Kantong Bolong

Wisata Religi di Mesir

Berwisata ke Mesir, Gunung Sinai
Foto: Pixabay

Bagi kamu yang muslim, Mesir adalah tempat yang tepat untuk wisata religi. Kamu bisa berziarah ke makam para nabi, para sahabat, atau para wali dan ulama yang terkenal keshalehannya. Sebut saja makam Imam Syafii dan makam cucu Nabi Muhammad, Hussein bin Ali; atau makam Abu Dzar Alghifari; atau makam para nabi di Sinai dan Alexandria.

Bagi yang beragama Nasrani, kamu bisa berziarah ke komplek gereja tua di Fustat, seperti Gereja Maullaqat, Gereja Saint Girgis, Gereja Abu Serga, dan lain-lain. Kamu juga bisa berkunjung ke Sinai. Tempat ini merupakan kawasan sakral bagi agama Yahudi, Kristen, dan Islam. Tempat ziarah di sini seperti Gunung Musa, tempat Musa menerima wahyu, Saint Catererin Monastery, dan banyak lagi.

Wisata Alam dengan gunung-gunung batu

Berwisata ke Mesir, jangan lupa menyambangi Faiyum
Foto: Wikimedia Commons

Jangan pernah meragukan kekayaan wisata alam di Mesir. Kamu bisa menikmati indahnya padang pasir dan Oase di Fayum, menikmati indahnya kebun kurma di padang pasir Siwa sekaligus menikmati kurma-kurma pilihan. Kamu juga bisa menikmati pantai-pantai yang indah di Alexandria. Bagi yang ingin merasakan indahnya pegunungan di negara Arab, Sinai adalah pilihan tepat. Selain bisa berziarah, pengunjung akan merasakan bentangan alam pegunungan yang menakjubkan dengan gunung-gunung batu berwarna merah dan perkampungan-perkampungan badui di tengah gurun.

Jika ingin mengeksplor kekayaan wisata di Mesir selatan, Aswan adalah jawabanya. Di kawasan ini kamu bisa menikmati peninggalan-peninggalan Fir’aun yang menakjubkan seperti kuil, istana, dan monumen. Sebut saja Lembah Para Raja, Kuil Karnak, dan Kuil Abu Simbel.  Selain itu kamu juga akan merasakan sensasi berlayar di hulu Sungai Nil dengan perahu tradisional buatan orang Nubia, suku asli Mesir sambil menikmati eksotisnya kebudayaan mereka.

Baca juga : 3 Alasan Utama Mengapa Harus Berkunjung ke Kairo

Wisata Kuliner dengan olahan makanan yang kaya

berwisata ke mesir, makan Koshary
Foto: Dina Said/Wikimedia Commons

Mesir kaya akan kuliner. Berbagai olahan makanan baik makanan berat ataupun makanan ringan cita rasa Timur Tengah tersedia saat kamu berwisata ke Mesir. Citarasa makanan khas Mesir di dominasi rasa asam dengan aroma rempah yang kuat. Kebanyakan berupa olahan daging kambing dan sapi. Makanan khas Mesir yang terkenal adalah Tha’miya bil Baidh dan Tojin.

Untuk minuman, Jus sangat mudah dijumpai di Mesir. Biasanya jus buah asli dijual dalam botol kotak dengan harga yang sangat murah. Pada musim panas, Mesir akan dibanjiri buah-buahan berkualitas seperti anggur, kurma, mangga, nanas, dan jeruk. Buah-buah itu ditanam oleh petan-petani Mesir. Jangan tanya tentang kualitas buah-buahan tersebut. Semuanya kualitas nomer wahid.

Itulah beberapa alasan mengapa kamu harus berwisata ke Mesir. Mulai rencanakan liburanmu dari sekarang dan nikmati keindahan bumi para nabi dengan segala keagungan dan kemegahannya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password