Agrowisata ke Kebun Teh Kemuning

Agrowisata ke Kebun Teh Kemuning

Lokasi Wisata Kebun Teh Kemuning

Lokasi Wisata Kebun Teh Kemuning

Kebun Teh Kemuning bisa menjadi salah satu destinasi tempat wisata alam yang bisa kamu kunjungi bila kamu berkunjung ke Karanganyar. Butuh perjalanan sekitar 1 jam 30 menit ke arah timur dari Solo atau sekitar 25 KM dari pusat kota Solo tepatnya di desa Kemuning, kecamatan Ngargoyoso, kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Lokasi Kebun Teh Kemuning terletak di kawasan lereng Gunung Lawu bagian barat pada ketinggian 800 – 1540 mdpl dengan suhu rata-rata 21,5oC. Akses menunju lokasi cukup mudah dilewati kendaraan namun dengan ciri khas pegunungan yang naik turun dan berkelok. Seluas 437,82 Ha pengunjung akan dimanjakan dengan hamparan bukit dengan tanaman teh yang hijau.

Pengunjung tidak dipungut biaya untuk masuk ke kebun teh ini, oleh sebab itu lokasi ini tak pernah sepi oleh pengunjung. Obyek wisata ini dibuka mulai pukul 06.00 hingga 18.00, sehingga pengunjung bisa menyempatkan apabila ingin melihat sunrise dan sunset dari bukit.

Baca juga : Tempat Wisata Hits Di Solo, Kunjungi Segera!

Wahana di Areal Perkebunan Teh Kemuning

Wahana di Areal Perkebunan Teh Kemuning

Selain menikmati segarnya Kebun Teh, pengunjung juga bisa menikmati wahana di obyek wisata Kali Pucung yang berada di sekitar perkebunan. Terdapat beberapa wahana yang bisa dinikmati oleh pengunjung di Kali Pucung, seperti Flying Fox, Naik Kuda, Berenang, Paint Ball dan Rafting (Susur Sungai).

Rafting di Kali Pucung ini dilakukan di sungai yang mengalir di tengah Kebun Teh Kemuning dengan lebar hanya sekitar 1,5 meter saja. Terdapat beberapa tarif yang ditawarkan apabila pengunjung ingin menikmati sensasi rafting di tempat ini, untuk rute pendek (800 meter) pengunjung cukup membayar Rp. 15.000,00/orang dan untuk rute panjang (1,5 km) pengunjung membayar Rp. 25.000,00/orang.

Baca juga : Wisata Kebun di Malang yang Harus Anda Coba!

Sebelum melakukan rafting, pengunjung akan dibekali dengan briefing oleh para tour guide agar perjalanan rafting anda aman. Bukan hanya itu, terdapat juga perkebunan jambu merah yang dapat dinikmati pengunjung dengan membayar Rp. 10.000,00/orang dan pengunjung akan mendapatkan 1 kg jambu merah dan jus jambu merah yang segar dan manis.

Rumah Teh Ndoro Donker

Rumah Teh Ndoro Donker

Bila berkunjung ke Kebun Teh Kemuning usahakan mampir ke Rumah Teh Ndoro Donker yang berada di Jalan Karangpandan – Ngargoyoso, desa Puntukrejo, kecamatan Ngargoyoso, kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah atau sekitar 37 km dari pusat kota Solo.

Kedai Teh bernuansa kolonial Belanda ini buka pukul 10.00 hingga 19.00 WIB dengan menu berbagai macam menu minuman seperti Black Tea, Green Tea, Chines Tea, Lemon Tea, Ocha Tea, Tung Ting Tea, Jasmine Tea, Forest Tea, Honey Tea, Milk Tea Green Latte, Milk Tea Tarik dan berbagai makanan seperti Ketan Susu Donker, Ketan Ongklok Donker, Iga Bakar,Soto Iga, Soup Iga, Ayam Panggang, Ayam Goreng, Kare Donker, Donker Beef Steak, Nasi Goreng, Mie Goreng dan Mie Kuah.

Baca juga : Berlibur Ke Keraton Surakarta, Why Not? Ini Istimewanya!

Kedai Teh ini tidak pernah sepi oleh pengunjung terutama di akhir pekan atau libur panjang baik pengunjung sekitar kota Solo maupun luar kota. Nuansa kental bangunan khas kolonial Belanda ini menjadi daya tarik tersendiri selain dari berbagai macam seduhan teh yang bisa kamu coba. Pengunjung bisa berfoto dengan berlatar belakang kebun teh yang terhampar luas atau dengan rumah teh bernuansa Belanda yang instagramable banget.

Udara yang sejuk akan menambah kenyamanan anda selama berkunjung di tempat ini. Tempat ini juga menyediakan tempat untuk anda berbelanja souvenir bergambar icon Ndoro Donker yang bisa menjadi oleh – oleh yang khas untuk keluarga atau teman anda.

 

Mau dapat info lengkap seputar promo hotel & tiket perjalanan ke destinasi wisata favorit?

Caranya gampang! Isi formulir di bawah ini secara lengkap! *S&K berlaku

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password