8 Teknik Pengambilan Gambar yang Tepat Saat Liburan

Teknik pengambilan gambar saat liburan

Enaknyakemana.com – Piknik tanpa kamera bagaikan malam tanpa bintang. Sedikit terdengar lebay dan melebih-lebihkan, namun faktanya hampir semua orang tak bisa lepas dari satu alat yang satu ini. Apalagi di zaman yang serba canggih seperti sekarang, kualitas foto yang bagus tidak harus menggunakan kamera profesional seperti para fotografer. Hanya saja teknik pengambilan gambar yang tepat tetap perlu diketahui agar kualitas dan angle foto yang didapat menjadi lebih menarik.

Saat berlibur pastinya Anda menginginkan album yang menarik untuk diabadikan, baik untuk dicetak ataupun mengunggahnya ke akun media sosial seperti instagram. Meski Anda bukan seorang fotografer, Anda masih tetap bisa mengoleksi foto yang elegan dengan memerhatikan teknik pengambilan gambar berikut.

1. Simetris

Teknik pengambilan gambar simetris
Foto: unsplash.com

Salah satu teknik yang paling mudah tanpa harus susah memikirkan angle, Anda dapat mencoba dengan teknik pengambilan gambar secara simetris. Yaitu pengambilan gambar yang seimbang antarmuka gambar. Teknik seperti ini cocok diterapkan pada pemandangan gedung-gedung dan pemandangan alam.

2. Panorama

Teknik pengambilan gambar panorama
Foto: unsplash.com

Sepertinya Anda sudah tak asing lagi dengan teknik pemotretan yang satu ini karena fitur ini sudah ada hampir di setiap smartphone. Pastikan Anda berdiri dengan stabil di posisi yang sama dan mengarahkan ponsel pada pemandangan luas yang ingin Anda masukkan dalam satu tampilan. Namun, metode diam di tempat akan menghasilkan foto yang terlihat melingkar, sedangkan apabila Anda menginginkan foto landscape sempurna maka Anda harus bergerak saat pengambilan gambar dengan posisi ketinggian yang sama.

3. Bingkai

Teknik pengambilan gambar bingkai
Foto: unsplash.com

Membuat bingkai alami pada tepi gambar akan membuat objek utama semakin kentara. Caranya cukup mudah, arahkan kamera dari dalam lorong, jendela atau objek lainnya yang ada di sekitar. Teknik seperti ini juga akan membuat objek utama terkesan berada dalam suatu ruangan.

4. Straighten

Straighten horizontal
Foto: via traveloka.com

Apabila Anda mendapati pemandangan luas, seolah jalan menyatu dengan langit pada titik tertentu maka teknik straighten sangat cocok untuk diaplikasikan. Caranya mudah saja, cukup perhatikan garis horizontal pada kamera agar benar-benar datar dan tegak lurus. Pada kamera ponsel sendiri telah dilengkapi dengan fitur grid untuk menerapkan teknik pengambilan gambar seperti ini.

5. Rule Of Thirds

grid camera rule of thirds
Foto: via traveloka.com

Secara sekilas mungkin gambar bisa terlihat sama saja, namun apabila diperhatikan secara seksama setiap komposisi objek dalam gambar sebetulnya akan saling memengaruhi keindahan hasil akhir dari foto tersebut. Dengan mengaplikasikan rule of thirds, maka komposisi objek akan semakin rapi.

Pertama, lakukan pembagian objek pada layar menjadi tiga bagian, bisa secara vertikal maupun horizontal. Pada kamera ponsel juga bisa menggunakan fitur grid, kemudian tentukan objek utama pada layar dengan cara klik salah satu kolom sehingga fokus kamera mengarah pada objek tersebut.

6. Skala

teknik pengambilan gambar skala
Foto: unsplash.com

Penting juga memerhatikan skala saat pengambilan gambar. Dengan membandingkan skala objek utama dengan objek lainnya. Apakah objek  utama akan tetap menjadi daya tarik utama foto tersebut atau malah tertimpa oleh objek pelengkap lainnya.

7. Golden Hours

Sunset
Foto: unsplash.com

Disebut golden hours karena dua waktu ini biasanya selalu menjadi incaran orang-orang saat pergi liburan. Yaitu waktu pagi dan sore, Anda pasti sudah memahami dua suasana yang indah dihiasi sunrise dan sunset ini.

Baca juga: Nikmati Sunset di Jogja? Ini 3 Spot Menarik yang Bisa Kamu Tuju

8. Referensi

Referensi dari fotografier
Foto: unsplash.com

Meskipun Anda bukan seorang fotografer, alangkah baiknya apabila sering melihat berbagai foto di majalah online ataupun akun instagram para fotografer dunia. Agar sensitivitas terhadap angle yang menarik semakin tajam.

Baca juga: 5 Tips Foto Instagrammable Saat Traveling

Demikian beberapa teknik pengambilan gambar sederhana saat liburan yang pastinya bisa membuat koleksi Anda menjadi lebih keren. Tentunya masih banyak teknik lainnya yang lebih advanced, oleh karena itu jangan pernah puas hanya dengan sekilas teknik-teknik di atas. Tetap pantau situs enaknyakemana.com untuk mendapatkan tips terbaru berkaitan dengan perjalanan dan liburan Anda.

Featured image: unsplash.com

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password