7 Oleh-Oleh Khas Samarinda yang Wajib Dibeli Jika Sedang Berwisata Ke Sana

Oleh-Oleh Khas Samarinda

EnaknyaKemana.com – Selain wisata kuliner, kalau datang ke Samarinda tak lengkap rasanya kalau pulang dengan tangan kosong. Karena itu kalau datang ke Samarinda, mencari oleh-oleh khas Samarinda yang bisa dijadikan oleh-oleh pulang adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan.

Anda yang datang melakukan perjalanan wisata di Samarinda, ada beberapa oleh-oleh khas Samarinda yang wajib Anda miliki kalau datang ke Samarinda. Apa sajakah itu? Berikut informasinya untuk Anda beberapa oleh-oleh khas Samarinda yang wajib Anda cari kalau berwisata kesana. Rugi pastinya kalau ke Samarinda tidak pulang dengan oleh-oleh khas Samarinda ini. Jadi segera berburu ya!

7 Oleh-Oleh Khas Samarinda yang Wajib Dibawa Pulang

1. Amplang khas Samarinda

 7 Oleh-Oleh Khas Samarinda yang Wajib Dibawa Pulang

Camilan ini merupakan salah satu undasnya oleh-oleh khas Samarinda. Amplang terbuat dari tepung kanji yang dicampur dengan ikan tengiri dan bumbu pelengkap yang lain. Amplang kemudian digoreng dan mempunyai cita rasa gurih yang tentu akan membuat siapa saja langsung habis kalau disuguhi sebungkus amplang. Camilan lezat ini wajib Anda bawa pulang.

Baca juga : 17 Oleh-Oleh Khas Jogja yang Bisa Dibawa Saat Mudik Lebaran

2. Gula Gait khas Samarinda

7 Oleh-Oleh Khas Samarinda yang Wajib Dibawa Pulang

Gula gait juga salah satu jajanan khas dari Samarinda yang terbuat dari perpaduan gula aren dan gula putih. Yang membuat gula gait menarik adalah proses pembuatannya yang membutuhkan tenaga dan waktu yang tidak sebentar untuk menghasilkan jajanan super legit namun ngangenin ini. Bentuknya menyerupai kayu dan membuat tampilannya ngegemesin.

3. Keminting khas Samarinda

7 Oleh-Oleh Khas Samarinda yang Wajib Dibawa Pulang

Sama halnya dengan gula gait, keminting juga terbuat dari bahan dasar gula aren. Nantinya akan dicampur dengan sagu, tepung dan gula. Makanan ini dinamakan keminting karena bentuknya serupa dengan biji kemiri yang dalam bahasa Banjar disebut keminting.

4. Sarung Samarinda

Oleh-oleh ini juga tidak boleh dilupakan. Sarung Samarinda dibuat dengan menggunakan mesin ATBM yang disebut Gedokan. Sarung ini pada mulanya dibawa oleh pendatang suku Bugis dari Sulawesi yang bermukim di kawasan Samarinda Seberang di tahun 1668.

Baca juga : Tempat Wisata Terbaik di Samarinda yang Harus Masuk Daftar Kunjungan Anda

5. Lempok Durian Khas Samarinda

 

Jika Anda pecinta durian, lempok durian tentu juga wajib untuk Anda beli jika sedang berada di Samarinda. Oleh-oleh khas Samarinda yang diolah dari durian ini memiliki cita rasa dan tekstur yang mirip dodol. Lempok durian memiliki rasa manis yang pas dan agak lengket.

6. Kue Ilat Sapi Khas Samarinda

Dalam bahawa Jawa, kue “ilat sapi” memiliki arti kue “lidah sapi”. Namun kue ini sebenarnya tidak dibuat dengan lidah sapi, tetapi dengan bahan dasar tepung, gula merah, dan taburan wijen di atasnya. Meski tampak sederhana, kue ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Samarinda yang sering diburu oleh wisatawan. Anda dapat menemukan kue lidah sapi ini di setiap toko oleh-oleh yang ada di Samarinda.

Baca juga : Wisata Kuliner Khas Samarinda yang Paling Banyak Diincar

7. Abon Ikan Haruan

Ikan haruan adalah nama lain dari ikan gabus. Di Samarinda atau daerah Kalimantan Timur memang terkenal dengan ikan gabusnya yang menjadi makanan khas penduduk lokal. Selain diolah menjadi beberapa kuliner, ikan haruan ini juga diolah menjadi abon yang memiliki cita rasa yang khas dan tentunya bebas pengawet. Banyak wisatawan yang menjadikan abon ikan haruan ini menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib dibeli ketika di Samarinda.

Jika Anda berwisata di Samarinda, itulah beberapa oleh-oleh khas Samarinda yang tak boleh Anda lupakan. Semoga menjadi liburan menyenangkan di Samarinda.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password