5 Wisata Murah di Solo

Wisata Murah di Solo

Enaknyakemana.com – Taukah kamu berdasarkan indeks kota layak huni yang dilakukan oleh Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia yang dilakukan di 26 kota dan 19 provinsi, Solo menjadi urutan pertama kota layak huni di Indonesia. Di Solo kamu bisa mendapatkan makanan sehat tanpa harus merogoh kantong terlalu dalam. Bahkan kamu bisa kenyang dan sehat hanya dengan Rp. 5.000,00 untuk sekali makan dengan menu nasi dan sayuran. Bukan hanya makanan, di Solo kamu juga bisa berwisata murah nan lengkap, mulai dari wisata alam, bersejarah hingga hanya untuk berbelanja murah. Berikut adalah wisata murah di Solo yang bisa kamu datangi.

Wisata Murah di Solo

1. Pasar Gede Hardjonegoro

Pasar Gede Hardjonegoro

Berada di titik nol surakarta, Pasar Gede Hardjonegoro menjadi ikon penting sekaligus tempat wisata murah di Solo. Di sini kamu bisa mencari semua jenis bahan pangan, jajanan bahkan kamu bisa untuk hunting foto khususnya saat imlek tiba. Saat imlek tiba tepatnya di tugu jam yang berada di depan pasar gede akan dipasang lampion-lampion cantik khas imlek sepanjang jalan. Selain itu akan banyak pedagang kaki lima yang akan menjajakan jajanannya. Pasar yang berada di Jl. Jend Urip Sumoharjo ini memang selalu ramai oleh pengunjung.

Baca juga : Tempat Wisata Hits Di Solo, Kunjungi Segera!

2. Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg

Berjalan sedikit dari pasar gede kamu akan menjumpai Benteng Vastenburg yang berada di kawasan Gladak. Bangunan ini merupakan bangunan peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1745 atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imholf. Tiket masuk untuk menikmati Benteng ini hanya Rp. 2.000,00 untuk dewasa dan Rp. 1.000,00 untuk anak-anak. Tidaklah mahal untuk menikmati wisata sejarah di sini. Kamu bisa menikmati indahnya arsitektur Belanda yang ada di dalamnya dan bisa mendapatkan ilmu-ilmu sejarah yang telah tersusun rapi di dalamnya.

Bukan hanya gedungnya saja, halaman bangunan ini juga biasanya digunakan untuk event-event tertentu seperti festival bambu di tahun 2016, festival kuliner dan musik tahun 2017 dan yang terbaru nanti akan ada acara Bakdan neng Solo yang akan dilaksanakan pada 18 – 20 Juni 2018 nanti.

3. Gladag Langen Bogan (GALABO)

Gladag Langen Bogan (GALABO)

Keluar dari Benteng Vastenburg ke arah timur kamu akan menemui wisata kuliner di depan Pusat Grosir Solo. Segala macam makanan akan kamu temukan disini. Presiden Jokowi juga pernah berkunjung ke tempat ini untuk menikmati liburan bersama anak cucunya. Tak jarang kamu juga akan menemui Kereta Api Bathara Kresna yang akan melintas di jalanan kota Solo atau Kereta Uap yang akan sangat jarang kamu temui di jaman sekarang.

Baca juga : Berlibur Ke Keraton Surakarta, Why Not? Ini Istimewanya!

4. Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan salah satu ikon bersejarah di Solo. Kita hanya perlu membayar Rp. 10.000,00 untuk bisa menikmati wisata bersejarah di kota Solo ini. Jika kamu hanya ingin sekedar jalan jalan dan berfoto di luar Keraton atau sekedar mampir di Alun – alun kidul dan menikmati jajanan yang ada, kamu tak perlu keluar uang untuk tiket masuk. Di Alun – alun kidul ini banyak pedagang kaki lima yang akan memanjakan lidahmu, terutama untuk kamu pecinta kuliner kaki lima. Kamu bisa menikmatinya dengan sahabat, kekasih atau keluarga.

5. Pasar Klewer

Pasar Klewer

Bergeser sedikit dari Keraton Surakarta Hadiningrat kita akan menjumpai salah satu wisata murah di Solo yaitu Pasar Klewer. Di sini kamu bisa belanja baju, kain, sepatu atau tas murah dengan kualitas yang tak kalah dengan yang dijual di pasaran bebas. Kamu bisa memilih mulai dari yang low hingga high quality dan dari yang murah hingga mahal.

Pasar Klewer sekarang telah dibangun menjadi pasar modern namun tetap tidak meninggalkan ciri khasnya yaitu murah dan ramahnya penjual. Kamu yang tidak terbiasa dengan tangga untuk naik turun, sekarang telah disediakan lift dan eskalator, sehingga kamu tidak perlu lelah naik turun tangga. Sekarang klewer juga tengah mengadakan renovasi untuk gedung sebelah timur dan pedangang di kios – kios tersebut dipindah sementara ke Alun – alun utara.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password