5 Destinasi Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara yang Difavoritkan Banyak Orang

Wisata bahari di Sulawesi Tenggara

Enaknyakemana.com – Apabila mendengar nama daerah yang satu ini pasti langsung muncul satu nama tempat di benak Anda. Ya, Wakatobi salah satu kawasan wisata yang tak hanya terkenal di tanah air tetapi juga telah mendunia. Sebenarnya masih banyak tempat wisata bahari di Sulawesi Tenggara lainnya. Oleh karena itu, artikel ini akan mengulas beberapa tempat wisata selain Wakatobi yang difavoritkan banyak orang.

Secara geografis, letak Sulawesi Tenggara terdiri dari beberapa pulau kecil yang berbeda. Wajar apabila provinsi ini memiliki potensi wisata yang cukup tinggi, misalnya untuk lokasi terumbu karang saja berjumlah 68 titik. Agar Anda mengetahui lebih luas surga tersembunyi di daerah ini, berikut ini 5 kawasan wisata bahari di Sulawesi Tenggara yang tak kalah indahnya dengan Wakatobi.

1. Air Terjun Moramo


Foto: tripadvisor.com

Lokasi: Dari Kota Kendari ke arah Selatan menuju Suaka Margasatwa Tanjung Peropa, Desa Sumbersari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

Tidak hanya ada terumbu karang, di Kota Kendari yang merupakan ibukota provinsi tersebut memiliki surga tersembunyi air terjun  yang bertingkat, tampak unik dengan aliran air yang tak sederas air terjun lainnya. Jadi, cukup aman apabila Anda berencana piknik mengajak keluarga dan si buah hati. Sebelum sampai di lokasi, Anda sebagai pengunjung pasti akan takjub saat melewati hutan dengan banyak pohon yang menjulang tinggi. Pasti menyenangkan deh!

2. Pantai Nirwana


Foto: tripadvisor.com

Lokasi: Mulai dari Kota Kendari ke arah Kabupaten Buton sekitar 228 km. Sedangkan bagi Anda yang berasal dari luar daerah perlu menggunakan speedboat setelah landing di Bandara. Kemudian menggunakan kapal dari Kota Raha ke Pulau Buton, barulah sampai di Kota Bau-bau, Pantai Nirwana.

Salah satu pantai yang dibanggakan para pengunjungnya karena pasir putihnya yang sangat bersih. Sayangnya masih banyak oknum pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Kawasan wisata ini berada di Kabupaten Baton yang dekat dengan destinasi wisata lainnya. Ombaknya yang tidak begitu besar disertai pasir putihnya sangat cocok untuk suasana liburan keluarga. Di sekitar pantai juga banyak disediakan gazebo dan pohon kelapa yang membuat suasana pantai semakin instagramable.

3. Pulau Labengki

Wisata bahari di Sulawesi Tenggara Pantai Labengki
Foto: tripadvisor.com

Lokasi: Melalui jalur Kendari, menyewa sebuah kapal dengan kapasitas 60 orang, jarak 60 km selama 5 jam, bisa juga menggunakan kapal kecil berkapasitas 15 orang.

Pulau ini memiliki pemandangan yang sangat indah dari bawah laut karena airnya yang sangat jernih. Jadi cocok banget lokasinya untuk memuaskan hasrat wisata bahari dengan aktivitas snorkeling. Di balik pulau juga terdapat destinasi wisata yang sangat indah, namanya Goa Allo. Tepatnya berada di Pulau Labengki Kecil yang sering kali disebut dengan “Goa Kolam Renang”.

4. Pulau Bokori

Wisata bahari di Sulawesi Tenggara Pulau Bokori
Foto: tripadvisor.com

Lokasi: Ambang Teluk Kendari, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, harus melalui tiga pelabuhan untuk sampai ke Pulau Bokori.

Menuju kawasan lokasi ini cukup mudah karena terbilang kawasan bebas macet. Jadi, tak perlu pusing berlama-lama di jalanan. Lokasinya berada di ibukota, namun suasananya sangat sejuk dikarenakan semilir angin laut yang berasal dari sekitar pantai. Untuk sampai ke pelabuhan membutuhkan waktu sekitar 45 menit sedangkan waktu menyeberang menuju Pulau Bokori hanya memerlukan waktu 5 menit dengan menggunakan perahu kecil yang telah disediakan di sana oleh para ‘ojek laut’. Sebaiknya pergi bersama rombongan agar biaya transportasi laut lebih irit.

Baca juga: Wisata Di Sulawesi yang Wajib Dikunjungi, Pecinta Traveling Harus Mampir!

5. Pantai Toronipa

Pantai Toronipa
Foto: tripadvisor.com

Lokasi: Toronipa, Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara 93351. Dibutuhkan waktu 30 menit dari Kota Kendari melalui Jalan Raya Edi Sabara ke arah Timur kemudian ikuti papan nama jalan.

Wisata bahari Sulawesi Tenggara yang satu ini memiliki pesona air laut yang sangat jernih, sehingga tampak ragam alga di dalam airnya. Bagi keluarga yang ingin bertamasya ke pantai ini, dianjurkan untuk berenang pada sore hari karena ombaknya tidak begitu deras. Jadi lebih aman saat bercengkerama bersama si buah hati. Tidak hanya air lautnya yang jernih, pasirnya pun tampak begitu putih terhampar seluas 4 km mengitari air laut Toronipa.

Baca juga: Hobi Camping? Yuk ke Maros Sulawesi Selatan!

Setelah mengetahui 5 tempat wisata bahari di atas, pasti Anda tak akan melewatkan begitu saja saat traveling ke Sulawesi Tenggara. Karena tempat-tempat wisata tersebut akan menjadi salah satu momen paling indah untuk ditampilkan di album instgram Anda.

Rate this post

Foto utama: Pulau Labengki (tripadvisor.com)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password