Dulunya Jarang Dijamah, 5 Tempat Wisata di Tasikmalaya Ini Sekarang Jadi Ngehits

Enaknyakemana.com – Kebanyakan orang hanya mengetahui Gunung Galunggung dan Kampung Naga saja sebagai salah satu destinasi wisata yang ada di Tasikmalaya, padahal masih terdapat banyak tempat wisata di Tasikmalaya yang menyimpan sejuta keindahan yang pastinya instagramable banget.

Bagi Anda yang tinggal di Jakarta dapat mencapai Sang Mutiara Priangan Timur ini dengan kereta api selama kurang lebih 7 jam. Saat ini juga telah dibuka Bandara Tasikmalaya dan beroperasi setelah diresmikan Presiden Joko Widodo pada tanggal 27 Februari 2019.

Seiring berkembangnya dunia digital, 5 tempat wisata di Tasikmalaya berikut ini semakin membuat banyak menggugah hasrat para traveller yang sebelumnya belum banyak dijamah wisatawan luar kota.

1. Danau Lemona


Suasana di jembatan Danau Lemona. (Sumber: tripcanvas.co)

Alamat: Jalan Raya Salopa, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Waktu buka: Setiap hari pukul 08:00–21:00 WIB.

Tiket: Gratis (bisa berubah sewaktu-waktu).

Meskipun tempat ini merupakan danau buatan, akan tetapi pemandangan sekitar serta kulinernya akan membuat para pengunjung betah di tempat wisata yang cukup unik ini. Danau Lemona sebenarnya merupakan kolam ikan yang luas yang dipenuhi saung memiliki arsitektur tradisional disertai jembatan yang eye catching banget.

Selain itu, ada fasilitas perahu kecil untuk mengitari danau buatan ini. Suasananya yang dipagari pepohonan membuat para pengunjung betah berlama-lama mampir di sini. Apalagi sambil menyantap hidangan khas dari olahan berbagai jenis ikan.

2. Curug Dengdeng Tawang


Suasana di Curug Dengdeng Tawang. (Sumber: tripcanvas.co)

Alamat: Desa Tawang, Kecamatan Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Waktu buka: Setiap hari pukul 08:00-16:00 WIB.

Tiket: Gratis/sukarela (belum ada pengelolaan yang baku).

Air terjun berundak tak hanya dapat ditemukan di Sulawesi Tenggara, tetapi di Tasikmalaya juga terdapat destinasi wisata curug alias air terjun yang berada di Desa Tawang, Pancatengah. Perbedaannya, Curug Dengdeng Tawang ini memiliki tebing lebih tinggi dari Air Terjun Moramo, Sulawesi Tenggara.

Air terjun ini mengalir dari perairan Sungai Gunung Raja dengan tingkat kejernihan yang sangat tinggi. Pasalnya, tempat ini memang masih jarang dijamah para wisatawan, ya bisa dikatakan salah satu surga tersembunyinya Tasikmalaya. Hasil jepretan di tempat ini pastinya bakal membuat para penghuni instagram semakin penasaran dengan akun Anda setelah mengunggahnya.

3. Pasir Kirisik


Salah satu spot wisata di Pasir Kirisik Tasikmalaya. (Sumber: Google Maps)

Alamat: Desa Guranteng, Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Waktu buka: Setiap hari pukul 08:00–17.00 WIB.

Tiket: Rp10.000/orang.

Zaman sekarang, wisata tidak hanya masalah pemandangannya tetapi juga pertimbangan bagus-tidaknya lokasi tersebut untuk pengambilan gambar. Bagi Anda kaum kekinian, pasti tak akan kecewa saat berkunjung ke tempat wisata di Tasikmalaya yang satu ini. Tak usah dipertanyakan lagi masalah instagramable-nya, di sini banyak spot yang membuat orang antre untuk berfoto. Seperti latar belakang gambar-gambar pemandangan di dunia, ruang telepon klasik, rumah-rumahan, replika balon udara, kolam renang dan masih banyak lagi wahana lainnya. Tidak hanya itu, suasana alam pegunungan yang sejuk juga membuat para pengunjung bisa lupa waktu saat berkunjung.

4. Tonjong Cipatujah


Pemandangan di Tonjong Canyon Cipatujah. (Sumber: tripcanvas.co)

Alamat: Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat (dari pusat kota Tasikmalaya menuju Cipatujah ke arah Cintabodas sampai tiba di titik TK Nurul Ihsan).

Waktu buka: Setiap hari (tak ada waktu yang baku).

Harga tiket: Gratis.

Suka berenang di genangan alam yang murni? Pasti Tonjong Cipatujah ini cocok untuk Anda. Airnya yang jernih kehijau-hijauan membuat banyak orang menjulukinya sebagai Tonjong Canyon karena sangat mirip dengan kawasan air Green Canyon. Bagi Anda yang terbiasa berenang di perairan bebas, pasti sudah tahu bagaimana menyenangkannya terjun dari tebing tinggi untuk berenang.

5. Bukit Kacapi


Pemandangan kebun teh dari kolam Bukit Kacapi. (Sumber: explorewisata.com)

Alamat: Kurjati, Tanjungkarang, Cigalontang, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Waktu buka: Setiap hari pukul 08:00–18.00 WIB.

Tiket: Rp5.000/orang.

Namanya memang bukit, tetapi di atasnya terdapat satu kolam renang yang cantik dan jernih. Sangat cocok untuk merelaksasi tubuh di akhir pekan melepas penatnya waktu kerja sepekan penuh. Di Bukit Kacapi juga terdapat area perkebunan teh yang akan memanjakan pandangan Anda dari atas bukit sambil berenang. Terlebih bagi pasangan pengantin baru, pasti akan terasa sangat romantis jalan-jalan ke tempat wisata di Tasikmalaya yang satu ini.

Demikianlah 5 tempat wisata di Tasikmalaya yang dulunya belum dijamah banyak orang namun saat ini semakin menggeliat populer. Jadi, tak perlu bingung lagi mencari destinasi wisata saat Anda berkunjung ke Kota Tasikmalaya.

Foto utama: Kolam di Pasir Krisik Tasikmalaya. (Sumber: travelingyuk.com)

Rate this post

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password