5 Tempat Wisata di Bogor Dekat Stasiun, Solusi Piknik Tanpa Macet

Tempat Wisata di Bogor Dekat Stasiun Solusi Piknik Tanpa Macet
Rate this post

Enaknyakemana.com – Kemacetan menjadi salah satu kendala yang membuat banyak orang mager untuk pergi untuk piknik. Apalagi warga Jakarta, rasanya hanya ingin menghabiskan akhir pekan di atas ranjang empuk seharian. Namun kali ini ada beberapa alternatif rekreasi tanpa harus badmood karena macet. Salah satunya dengan berkunjung ke tempat wisata di Bogor dekat stasiun ini karena jarak antarlokasi wisata sangat berdekatan.

Cukup naik kereta dari Jakarta jalur Bogor, kemudian nikmati beberapa tempat menyenangkan di Bogor yang jaraknya sangat dekat dari Stasiun, bahkan hanya dengan berjalan kaki.

1. Istana Bogor

Istana Bogor
Foto: via malaspulang.com

Tempat yang satu ini pastinya sudah populer ke seluruh penjuru tanah air. Namun untuk mendapatkan akses ke dalam lingkungan istana harus merencanakan waktu yang tepat karena akses mulai dibuka setiap bulan Juli hingga Agustus sebagai perayaan ulang tahun Kota Bogor. Jangan kecewa dulu, meskipun tidak bertepatan dengan hari ulang tahun Kota Bogor, setiap orang masih bisa menikmati keindahan istana dari luar pagar.

Salah satu kegiatan yang mengasyikkan adalah memberi makan rusa-rusa dari luar pagar istana. Tenang saja, aktivitas ini tidak dilarang kok. Anda cukup membeli wortel seharga Rp5.000–Rp10.000 dari pedagang yang biasanya berkeliling di sekitar pagar istana kemudian memberikannya pada rusa-rusa istana. Jika Anda membawa si buah hati, pasti ia akan sangat senang melakukan aktivitas ini.

2. Taman Ade Irma Suryani

Tempat wisata di Bogor dekat stasiun Taman Ade Irma
Foto: via travelingyuk.com

Tempat wisata di Bogor dekat stasiun selanjutnya adalah Taman Ade Irma Suryani yang telah beroperasi sejak tahun 1990. Di tempat ini disediakan berbagai wahana yang cukup seru, tidak kurang dari 20 wahana beroperasi di sini. Mulai dari kuda ponny, kiddy ride, bombom car hingga virtual reality sebagai wahana terbaru.

Harga tiket masuk juga terbilang murah, cukup dengan Rp10.000 untuk hari-hari biasa/weekdays dan Rp12.000 untuk hari libur. Untuk tarif setiap wahana bermacam-macam, mulai dari Rp6.000 sampai dengan Rp15.000. Murah kan?

3. Kebun Raya Bogor

Tempat Wisata di Bogor dekat stasiun kebun raya bogor
Foto: Shutterstock

Indonesia yang kaya akan budaya dan sejarah akan sangat terasa di kawasan ini. Kebun Raya Bogor yang berawal dari sebuah halaman istana kemudian disulap menjadi kebun yang indah dengan bantuan tangan seorang botani zaman kolonial, William Kent. Kemudian pada tanggal 18 Mei 1817 Gubernur Jenderal van der Capellen mendirikan Buitenzorg yang saat ini berubah pada nama berbahasa nusantara, Kebun Raya Bogor.

Saat ini terdapat banyak wahana dan spot yang sangat menarik juga edukatif di dalamnya. Misalnya wahana terbaru adalah rumah masa depan yang mempersembahkan pemandangan air alami secara langsung disertai teknologi mutakhir dunia yang berbasis alam. Untuk harga tiket masuknya ditarif sebesar Rp15.000 saja, buka setiap hari mulai pukul 08:00–17:00 WIB.

4. Museum Sejarah Alam Indonesia


Foto: via piknikdong.com

Jika Anda penggemar film science-fiction pasti sering melihat berbagai bahan aneh yang diracik sedemikian rupa bukan? Nah, situasi tersebut dapat juga Anda rasakan saat berkunjung ke Museum Bogor yang satu ini. Sebelum populer seperti sekarang, pada zaman dahulu tempat ini merupakan pusat penelitian Harbarium Bogoriense sekaligus museum etnobotani.

Di dalamnya terdapat banyak asal-usul rekayasa genetik hasil bumi Indonesia. Museum ini dibuka setiap hari Sabtu-Minggu pukul 08:00-14:00 WIB, tiketnya pun sangat murah, hanya ditarif Rp5.000 per orang.

Baca juga: Wisata Rumah Pohon di Bogor Paling Instagramable, Cocok untuk Remaja Kekinian

5. Lapangan Sempur

Lapangan Sempur Bogor
Foto: via piknikdong.com

Setelah berkunjung ke beberapa tempat wisata di Bogor dekat stasiun sebelumnya, cocok rasanya apabila pilihan destinasi akhir tertuju pada Lapangan Sempur. Memang dulu tempat ini merupakan gelanggang olahraga warga Bogor. Akan tetapi saat ini Lapangan Sempur telah dijadikan kawasan rekreasi kekinian untuk semua pengunjung. Dengan ditemani jajanan kuliner khas Indonesia, rasa lelah setelah berkeliling dari tempat . Tidak hanya itu, kawasan ini juga sering diramaikan oleh komunitas sineas Bogor yang memutar film-filmnya setiap bulan. Di sisi lain, terdapat juga arena panjat tebing, tempat bermain anak, skateboarder dan skatepark.

Baca juga: Lokasi dan Harga Tiket Masuk Taman Vimala Hills Gadog Bogor

Itulah beberapa tempat wisata di Bogor dekat stasiun, liburan akhir pekan tak perlu riskan bermacet-macet di jalan kan? Anda pasti tak akan rugi apabila berkunjung dari luar daerah dan singgah di tempat-tempat menarik tersebut.

Featured image: Shutterstock

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password