5 Makanan Enak di Bandung yang Khas dan Diburu Banyak Wisatawan

Makanan enak di Bandung

Enaknyakemana.com – Siapa yang tak kenal Bandung, katanya kota ini diciptakan saat Tuhan sedang tersenyum. Bukan hanya karena mojangnya yang cantik-cantik, tetapi juga banyak makanan enak di Bandung yang khas sekaligus sering diburu para wisatawan lokal maupun asing. Rasa-rasanya belum afdol gitu kalau ke Bandung belum mencicipi makanan-makanan berikut ini.

1. Tutug Oncom

Makanan enak di Bandung karedok
Nasi tutug oncom di Warung Talaga. (Sumber: Tribunnews)

Alamat: Jalan Cihampelas No 160, Cipaganti, Coblong, Kota Bandung.

Waktu buka: 10:00–22:00 WIB.

Seperti namanya, makanan ini merupakan sajian nasi yang telah diolah dan dicampur dengan oncom. Apabila ditelaah dari arti katanya, ‘tutug’ berarti tumbuk sedangkan oncom merupakan fermentasi dari beberapa jenis kapang mirip dengan tempe.  Jadi tutug oncom ini berarti oncom yang ditumbuk.

Salah satu tempat nasi tutug oncom yang recommended adalah Warung Talaga Bandung. Lokasinya sangat mudah ditemukan karena berada di dalam Mall Cihampelas Walk Bandung. Sajian khas Sunda ini terlihat lengkap di sini dengan beragam varian seperti nasi tutug oncom spesial, biasa dan komplit. Rasanya yang gurih dan pedas membuat satu porsi nasi tutug oncom rasanya tak cukup untuk memuaskan hasrat para pemburu kuliner. Satu porsi nasi tutug oncom dihargai mulai dari Rp30.000 hingga Rp40.000.

2. Karedok Bandung

Karedok Warung Lotek Buah Batu Herry Thea
Karedok Warung Lotek Buah Batu Herry Thea. (Sumber: Tribunnews)

Alamat:Jalan Maskumambang No 6C, Turangga, Lengkong, Kota Bandung.

Waktu buka: Pagi (tak ada jam baku) sampai menu habis.

Sebetulnya karedok ini hadir di beberapa daerah juga dengan nama lain seperti lotek, pecel atau gado-gado. Perbedaannya, apabila di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur cita rasa manisnya lebih dominan sedangkan karedok Bandung memiliki rasa yang pedas, asin, manis juga ada namun tak begitu mendominasi bumbu kacangnya. Dalam satu sajian juga terdapat beragam sayuran mentah yang dibersihkan tanpa direbus terlebih dulu. Seperti mentimun, daun kemangi, kacang panjang, terong, kol dan kecambah.

Anda yang berencana jalan-jalan ke Bandung patut mencoba karedoknya Warung Lotek Buah Batu Herry Thea. Lokasinya berada di samping Superindo di seberang Jalan Pangkur. Harganya sangat murah, mulai dari Rp5.000–Rp27.000.

3. Mie Kocok Bandung

Mie kocak Bandung Mang Dadeng
Mie kocok Bandung. (Sumber: Google Maps)

Alamat:Jl. K.H. Ahmad Dahlan No.67, Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 61419.

Waktu buka: Setiap hari pukul 09:00–22:00 WIB.

Apabila Anda pernah menjadi anak kos pasti sudah sering menyantap hidangan mie kan? Namun sajian mie yang satu ini berbeda dengan mie biasanya karena dibuat dengan cara dikocok dan diaduk terlebih dahulu. Selain mie, dalam satu porsi dilengkapi dengan aneka sayuran dan kulit sapi.

Lantas, tempat mana yang recommended untuk menyantap hidangan yang satu ini? Anda bisa mencoba mie kocok legendaris Mang Dadeng. Disebut demikian karena warung mie kocok Bandung ini memang telah buka cukup lama, sekitar tahun 1970-an.

Racikan mie kocok yang disajikan Mang Dadeng ini memang tidak sembarangan, bumbu diracik dengan 27 macam rempah-rempah, kualitas kuah pun sangat dijaga agar tetap segar dengan ramuan daun salam khusus ala Mang Dadeng. Harga satu porsi mulai dari Rp23.000. Review di Google Maps sendiri telah mencapai 1.900-an untuk Mih Kocok Bandung Mang Dadeng ini. Jadi, tak perlu ragu lagi untuk mencoba menikmati makanan enak di Bandung yang satu ini.

4. Cimol

Cimol makanan enak di Bandung
Cimol Bandung. (Sumber: dapurideal.com)

Alamat: Sepanjang Jalan Buah Batu, Bandung.

Waktu buka: Pagi (tak ada waktu yang baku) sampai dagangan habis.

Zaman dahulu mungkin Anda pernah mendengar istilah cimol ini mengarah pada pakaian yang sedang diobral alias ‘cuci mall’. Namun ternyata istilah cimol juga sudah tren menjadi istilah makanan. Khususnya di Bandung, cimol sendiri sudah sangat populer untuk jenis camilan ini. Cimol sendiri merupakan akronim dari ‘aci diemol-emol’, dalam Bahasa Sunda berarti tepung yang diolah dengan cara dibulat-bulat dan ditekan-tekan dengan ukuran mini.

Makanan ringan yang satu ini sebetulnya sangat mudah ditemukan di pinggir jalan. Salah satunya di sepanjang Jalan Buah Batu, Bandung atau lebih dikenal dengan cimol Boebat. Harganya sangat murah, mulai dari Rp3.000 sesuai permintaan para pembeli. Cocok pokoknya dimakan di kereta dalam perjalanan pulang setelah puas menjelajahi kuliner Bandung.

Baca juga: 5 Tempat Nongkrong Outdoor di Bandung yang Lagi Hits Tahun Ini

5. Combro


Combro Bandung Ma Iying. (Sumber: bandungdiary.id)

Alamat: Jl. Lodaya, Bandung (sekitar Hotel Lodaya).

Waktu buka: Setiap hari pukul 15:00-23:00 WIB.

Salah satu camilan khas Jawa Barat yang perlu dicoba saat jalan-jalan ke Bandung bahkan dibawa untuk oleh-oleh. Comro merupakan akronim dari bahasa Sunda ‘oncom di jero’ yang berarti oncom yang ada di dalam. Setelah beredar ke mana-mana, comro lebih sering disebut combro, ada tambahan huruf ‘b’ mungkin terasa lebih tegas saat dilafalkan.

Gorengan ini terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat dan pipih, kemudian disisipkan oncom di dalamnya. Untuk rekomendasi tempat makan combro yang enak di Bandung salah satunya adalah Comro Ma Iying. Harganya tak beda dengan harga gorengan pada umumnya, berkisar Rp1.000 untuk satu combronya.

Baca juga: 5 Tempat Makan Bakso Enak di Bandung, Ada juga Bakso Beranak dalam Sumur

Itulah 5 makanan enak di Bandung yang wajib dicoba, supaya Anda tahu bahwa Paris Van Java ini tak hanya surga belanja bagi para wisatawan tetapi juga surga kuliner unik nan lezat.

5 Makanan Enak di Bandung yang Khas dan Diburu Banyak Wisatawan
5 (100%) 1 vote

Foto utama: beragam kuliner tanah air. (Foto: mediaindonesia.com)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password