5 Jajanan Tradisional Jawa Timur Paling Enak dan Ikonik

5 Jajanan Tradisional Jawa Timur Paling Enak dan Ikonik

EnaknyaKemana.com – Jawa Timur menjadi salah satu provinsi yang menyimpan banyak sekali wisata menarik untuk dikunjungi. Setiap waktunya pasti ada wisata baru yang diperkenalkan. Selain itu, ada pula beberapa tempat wisata yang bahkan belum terjamah sama sekali. Selain wisata alam, kuliner Jawa Timur juga cukup beragam dan memiliki ke-khas-an tersendiri. Kali ini adalah jajanan tradisional Jawa Timur yang patut dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung kesana.

Jajanan khas Jawa Timur ini berbeda dari kota-kota lainnya, dan cita rasanya pun membuat siapa saja ketagihan. Bahkan jika dibandingkan dengan jajanan modern, jajanan tradisional asli Jawa Timur ini tidak kalah saing.

5 Jajanan Tradisional Jawa Timur Paling Enak dan Ikonik

1. Madu Mongso

Madu Mongso - 5 Jajanan Tradisional Jawa Timur Paling Enak dan Ikonik - EnaknyaKemana.com

Jika kamu berkunjung ke Jawa Timur, kurang lengkap rasanya jika pulang tidak membawa oleh-oleh jajanan khas satu ini. Madu Mongso merupakan jajanan tradisional yang dibuat dari ketan hitam yang diolah menjadi tape terlebih dahulu dengan cara proses fermentasi. Setelah itu, tape yang sudah jadi tersebut dimasak dan dicampur dengan gula, santan, dan nanas hingga menjadi adonan seperti selai. Nantinya madu mongso akan dibungkus kecil-kecil dengan wadah khusus.

Jajanan satu ini tidak pernah absen saat perayaan hari raya idul Fitri di Jawa Timur. Disetiap rumah, pasti kamu akan menemukan jajanan satu ini saat hari raya tersebut.

2. Opak Gambir

Opak Gambir - 5 Jajanan Tradisional Jawa Timur Paling Enak dan Ikonik - EnaknyaKemana.com

Selain Madu Mongso, Opak Gambir juga menjadi jajanan tradisional Jawa Timur yang cukup terkenal. Opak Gambir yang merupakan jajanan khas Blitar ini dibuat dari campuran berbagai bahan, mulai dari tepung beras, telur, gula, garam, kayu manis, santan dan juga minyak goreng. Teksturnya keras namun gurih saat dimakan. Aromanya pun sangat menggoda karena sudah ada campuran kayu manis dan santan.

Baca juga : Belum Banyak yang Tahu, Surga Pariwisata Jawa Timur Ternyata ada di Kota Ini

3. Jenang Mirah

Jenang Mirah - 5 Jajanan Tradisional Jawa Timur Paling Enak dan Ikonik - EnaknyaKemana.com

Untuk Jenang Mirah ini sendiri bisa kamu jumpai dengan mudah saat berkunjung ke Ponorogo. Jenang Mirah ini sendiri dibuat dari ketan merah, gula, santan dan kelapa parut. Cara membuatnya membutuhkan waktu lama, tapi makanan inipun memiliki ketahanan yang cukup lama pula. Jenang Mirah mampu bertahan hingga berhari-hari. Banyak yang bilang, Jenang Mirah ini cita rasanya semakin enak ketika sudah berhari-hari.

4. Brem

Brem - EnaknyaKemana.com

Brem juga merupakan jajanan tradisional Jawa Timur atau lebih tepatnya berasal dari Madiun. Rasa dari Brem ini cukup unik dan membuat siapa saja ketagihan untuk mencobanya lagi. Saat dimasukkan ke mulut, Brem akan memberikan sensasi dingin dengan rasanya yang manis asam. Ini karena Brem dibuat dari sari tape ketan yang setelahnya diolah dengan teknik khusus dan dibentuk kotak-kotak tipis. Selain enak untuk dikonsumsi, Brem juga dipercaya mampu menghilangkan jerawat di wajah.

Baca juga : Ini Rekomendasi 4 Gunung di Jawa Timur yang Cocok untuk Berolahraga Mendaki Gunung!

5. Getuk Pisang

Getuk Pisang - EnaknyaKemana.com

Jajanan tradisional Jawa Timur berikutnya adalah Getuk Pisang yang berasal dari Kota Kediri. Jajanan yang satu ini cukup langka dan hanya bisa ditemukan di Kediri dan sekitarnya saja. Bahan yang digunakan untuk pembuatan Getuk Pisang ini cukup simpel dan mudah ditemukan, yakni buah pisang raja nangka, gula dan juga garam. Pisang raja nangka dihaluskan terlebih dahulu lalu dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya.

Setelah itu, bahan tahu dimasukkan ke dalam daun pisang lalu dikukus hingga matang. Getuk Pisang ini sendiri memiliki cita rasa yang manis dengan teksturnya yang padar namun lembut saat dimakan. Jika kamu datang ke Kediri, jangan lupa membeli oleh-oleh Getuk Pisang ini ya?

Itulah tadi beberapa jajanan tradisional Jawa Timur yang wajib kamu jadikan oleh-oleh saat berkunjung kesana. Semoga informasi yang kami bagikan di atas bermanfaat.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password