3 Tempat Wisata di Majalengka yang Instagramable Banget Ini Sedang Naik Daun

Enaknyakemana.com – Majalengka merupakan salah satu kabupaten yang ada di tanah Sunda yang cukup terkenal dengan kesuburan tanah dan air yang melimpah. Wajar apabila terdapat banyak tempat wisata di Majalengka yang membuat penduduk luar daerah penasaran untuk berkunjung ke daerah yang juga terkenal dengan penghasil sayur-mayur ini.

Apabila Anda pernah mendengar berita yang cukup heboh di jagat maya terkait topi awan yang sempat menaungi Gunung Rinjani, ternyata aksesoris alam tersebut juga terlihat di atas gunung Ciremai Majalengka. Dalam istilah Klimatologi, awan jenis ini disebut dengan awan lentikular. Sifat awannya tidak bergerak seperti awan pada umumnya, biasanya terjadi di musim kemarau. Fenomena alam yang indah ini terjadi ketika udara merambat ke atas melalui gunung kemudian terjadi proses pendinginan untuk melengkapi peristiwa kondensasi.


Foto: Penampakan awan lentikular di atas Gunung Ciremai. (Sumber: kumparan.com)

Belum tuntas menceritakan keindahan Gunung Ciremai, ternyata masih banyak cerita seru lainnya terkait tempat wisata di Majalengka yang perlu dikemukakan ke khalayak sebagai referensi destinasi wisata yang tak kalah menarik dengan daerah lainnya yang ada di Indonesia. Pasti Anda akan terpukau dengan tiga tempat wisata di Majalengka berikut ini yang ngehits akhir-akhir ini karena unggahan foto para pengunjungnya di media sosial.

1. Bukit Panyaweuyan Argapura

Tempat wisata di Majalengka Bukit Panyaweuyan
Foto: Bukit Panyaweuyan Majalengka. (Sumber: cariinfoyuk.com)

Alamat: Tejamulya, Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45462.

Jam operasional: Setiap hari 24 jam.

Tiket: Rp5.000/orang.

Udara segar dan panorama alam yang terhampar luas di Bukit Panyaweuyan pastinya bisa menyegarkan sepasang mata para wisatawan kota yang telah kelelahan menghadapi sekelumit pekerjaan tiap harinya. Lokasinya tak begitu jauh dari pusat kota, kurang lebih 60 menit waktu saja sudah cukup untuk sampai di lembah cantik yang tak kalah dengan pemandangan di negara Asia lainnya seperti Thailand ataupun Vietnam.

Sangat disarankan untuk berkunjung pagi atau sore hari supaya bisa menyaksikan pergantian Sang Surya yang molek dari ufuknya. Pada awalnya, masuk ke kawasan ini tidak dikenakan retribusi, pasca mulai populer di media sosial maka lokasi ini pun semakin ramai dikunjungi sehingga mulai ditetapkan tarif untuk biaya perawatan dan kebersihan lokasi.

2. Telaga Nila

Tempat wisata di Majalengka Telaga Nila
Foto: Telaga Nila Majalengka. (Sumber: travelingyuk.com)

Alamat: Desa Jerukleueut, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Jam operasional: Setiap hari pukul 08:00-17:00 WIB.

Tiket: Rp5.000/orang.

Setelah menikmati bukit dan lembah hijau, pasti akan terasa mengasyikkan jika dilanjutkan dengan berenang di perairan sejuk nan alami. Maka perjalanan wisata Anda tak cukup berhenti di Bukit Panyaweuyan saja, Anda juga layak mencoba berkunjung ke Telaga Nila yang memiliki panjang 80 meter ini. Tidak begitu besar sih, namun di sekitarnya masih terdapat dua Telaga lainnya, yaitu Telaga Loa dan Telaga Beunteur. Bakal jadi piknik yang menyegarkan bukan?

Baca juga: Cari Wisata Alam di Majalengka? Kesini Saja!

3. Curug Muara Jaya

Tempat wisata di Majalengka Curug Muara Jaya
Foto: Pemandangan di Curug Muara Jaya. (Sumber: nativeindonesia.com)

Alamat: Kampung Apuy, Argamukti, Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Jam operasional: Setiap hari pukul 07:00-16:00 WIB.

Tiket: Rp6.000/orang.

Curug sendiri dalam bahasa Indonesia berarti air terjun. Bagi Anda yang pernah mendaki gunung Ciremai pasti tak asing dengan tempat wisata air di Majalengka ini karena letaknya tepat berada di lereng Gunung Ciremai. Sebutan lain dari tempat ini adalah Curug Amuy, dipanggil demikian karena di sekelilingnya tumbuh pohon pisang amuy. Anak milenials yang datang ke sini tentunya tidak sekedar menghabiskan waktu buat basah-basahan tetapi juga mengambil gambar sebanyak mungkin karena lokasinya yang sangat instagramable. Pastinya bikin netizen bertanya-tanya tentang lokasinya.

Baca juga: Bingung Mau Kemana? Kunjungi Tempat Wisata di Kuningan Ini

Nah, setelah menyimak tiga tempat wisata di Majalengka yang instagramable di atas pasti Anda langsung penasaran kan? Siapkan stamina dan perbekalan dari sekarang juga untuk segera mengunjunginya di akhir pekan.

Foto utama: Penampakan Bukit Panyaweuyan saat berawan. (Sumber: reservasi.com)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password