Pecinta Alam Wajib Tahu 3 Hal Penting Ketika Naik Gunung

Gunung sudah menjadi tujuan wisata alternatif untuk menghabiskan waktu liburan. Belum pernah naik gunung dan mau coba? Berikut beberapa hal yang bisa Anda persiapkan sebelum naik gunung. Mungkin sudah tidak asing lagi saat membuka sosial media lalu melihat beberapa teman-teman kita mengunggah foto atau video menakjubkan saat mereka mendaki gunung. Saat mendaki gunung, Anda memang akan dijanjikan pemandangan alam yang luar biasa dan menyegarkan mata. Banyak yang akhirnya memberanikan diri mencoba naik gunung, lalu ketagihan setelahnya.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda persiapkan saat hendak mendaki gunung:

Perencanaan Sebelum Mendaki Gunung

Sebelum melakukan pendakian, ada baiknya Anda memperhatikan dan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Sebelum mendaki gunung, Anda harus menyiapkan rencana perjalanan, peralatan, logistik atau bahan makanan, sampai rencana biaya yang kira-kira akan dikeluarkan.

Mempersiapkan Fisik Sebelum Mendaki Gunung

Mempersiapkan fisik dan mental sangatlah penting untuk dilakukan sebelum melakukan pendakian. Latihan fisik sebelum naik gunung akan sangat membantu saat melakukan pendakian. Latihlah napas dan otot kaki dengan jogging selama 30 menit setiap hari. Selain itu, latih juga otot-otot paha dan lengan dengan push up dan squatch. Jangan lupa untuk menyiapkan mental. Perkirakan hal-hal terpahit yang sangat mungkin akan dialami. Sehingga Anda bisa lebih waspada, mempunyai rencana antisipasi, dan siap ketika hal tersebut terjadi. Misalnya, saat terjebak dalam cuaca buruk, tersesat, atau jika ada yang sakit.

Mempersiapkan Peralatan dan Perbekalan Mendaki Gunung

Setelah melakukan semua persiapan, dan setelah semua peralatan dan perbekalan sudah dicek ulang, masukkan semua perlatan dan perbekalan tersebut ke dalam ransel. Bagaimana cara packing yang benar untuk naik gunung? Bagilah barang bawaan sesuai dengan kategori. Misalnya, satu ransel berisi tenda dan sleeping bag, satu ransel berisi logistik dan alat masak, dan ransel yang lainnya berisi pakaian.

sumber : traveling.com

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password