10 Air Terjun Tertinggi di Dunia yang Bikin Takjub!

Air Terjun Tertinggi di Dunia

Enaknyakemana.com – Meskipun air terjun tampak sederhana, efek visual dari air terjun di alam yang indah bisa sangat menakjubkan. Pemandangan berton-ton air yang tumpah di tepi tebing atau berjatuhan di atas bebatuan memang selalu mengesankan. Namun untuk mengukur ketinggian air terjun di dunia tidaklah mudah. Ini karena tidak ada standar atau konsensus tentang bagaimana mengukur tinggi totalnya, apalagi beberapa air terjun tertinggi sangat sulit diakses. Berikut ini daftar air terjun tertinggi di dunia berdasarkan situs World of Waterfalls.

Air Terjun Tertinggi di Dunia

1. Angel Falls (Venezuela) – 979 meter

Air Terjun Tertinggi di Dunia - Angel Falls
Foto: Shutterstock

Terletak di Taman Nasional Canaima, air terjun jatuh dari celah di dekat puncak gunung Auyán-tepui ke Devil’s Canyon yang berjarak 979 meter di bawahnya. Air terjun ini merupakan anak sungai dari Sungai Carrao, yang merupakan bagian dari sistem Sungai Orinoco di Venezuela. Dianggap sebagai salah satu keajaiban alam paling mempesona di dunia, Angel Falls memiliki visual yang benar-benar tak bisa dilupakan.

2. Tugela Falls (Afrika Selatan) – 948 meter

Air Terjun Tertinggi di Dunia - Tugela Falls
Foto: Shutterstock

Air Terjun Tugela adalah air terjun tertinggi kedua di dunia. Penurunan total dalam lima penerjunan bebas adalah 948 meter. Air terjun ini terletak di Drakensberg, Royal Natal National Park. Air Terjun Tugela dapat dikunjungi melalui dua jalur berbeda. Masing-masing dapat dilakukan dalam satu hari tetapi membutuhkan tingkat kebugaran yang baik.

3. Three Sisters Falls (Peru) – 914 meter

Air Terjun Tertinggi di Dunia - Three Sisters Falls
Foto: Pinterest

Air terjun tertinggi ketiga di dunia adalah Three Sisters Falls yang ditemukan di daerah terpencil Ayacucho di Peru. Air terjun ini yang juga dikenal sebagai Cataratas las Tres Hermanas menjulang setinggi 914 meter. Ait terjun yang menakjubkan ini dinamai Three Sisters Falls karena memiliki tiga tingkatan yang berbeda. Three Sisters Falls hanya dapat dilihat dari udara. Meskipun ada jalan menuju ke sana, vegetasi yang lebat di daerah itu membuat mustahil untuk melihat keseluruhan air terjun dari permukaan tanah.

Baca juga : Catat! Ini Manfaat Yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Berkunjung ke Air Terjun

4. Olo’upena Falls (Hawaii, Amerika Serikat) – 900 meter

Air Terjun Tertinggi di Dunia - Olo'upena Falls
Foto: Flickr

Air terjun tertinggi keempat adalah Air Terjun Olo’upena yang terletak di pantai timur laut yang terpencil di pulau Moloka’i, Hawaii. Air Terjun Olo’upena adalah air terjun yang jatuh di sisi salah satu tebing pantai tertinggi di dunia yaitu Haloku Cliffs. Dikelilingi oleh pegunungan besar di kedua sisi, air terjun yang luar biasa ini begitu jauh sehingga tidak ada jalur akses untuk mencapainya dan hanya dapat diakses melalui udara atau laut.

5. Yumbilla Falls (Peru) – 896 meter

Air Terjun Tertinggi di Dunia - Olo'upena Falls
Foto: Shutterstock

Air Terjun Yumbilla yang terletak di Cuispes, Peru di Amazonas Region adalah air terjun tertinggi kelima di dunia. Air terjun ini baru dikenal secara internasional pada akhir 2007. Di lembah yang sama ada sekitar 22 air terjun serupa. Air terjun Yumbilla hampir tertutup hutan tinggi yang indahnya luar biasa. Hutan ini memiliki berbagai macam anggrek dan bromeliad.

6. Vinnufossen (Norwegia) – 860 meter

Vinnufossen
Foto: European Waterfalls

Vinnufossen adalah air terjun tertinggi ke-6 di dunia dengan total penurunan 860 meter. Air terjun ini jatuh dalam empat tahap sebelum mencapai dasar lembah. Waktu terbaik untuk mengunjungi Vinnufossen adalah musim panas (periode dari Juni hingga Agustus) ketika cuaca menjadi lebih stabil dan suhu meningkat.

7. Balåifossen (Norwegia) – 850 meter

Balåifossen
Foto: European Waterfalls

European Waterfalls

Balåifossen adalah salah satu air terjun tertinggi di Norwegia. Air terjun Baläifossen terletak di Norwegia di Provinsi Hordaland dan jatuh ke bawah tebing setinggi 850 meter ke perairan Osafjorden, anak sungai dari hulu Hardangerfjorden. Airnya berasal dari danau-danau kecil pada beberapa gunung kecil.

Baca juga : 3 Air Terjun Unik di Dunia, Pernah Datangi?

8. Pu’uka’oku Falls (Hawaii, Amerika Serikat) – 840 meter

Pu'uka'oku Falls
Foto: Flickr

Air Terjun Pu’uka’oku adalah air terjun tertinggi ke-8 di dunia dan terletak di sepanjang pantai utara pulau Molokai, Hawaii. Bagian Molokai ini memiliki beberapa tebing laut tertinggi di dunia. Setiap aliran yang jatuh di atas tebing ini akan jatuh ribuan kaki ke laut. Akses terbaik menuju air terjun ini adalah dengan menggunakan perahu atau melalui penerbangan.

9. James Bruce Falls (Kanada) – 840 meter

James Bruce Falls
Foto: Pinterest

James Bruce Falls adalah air terjun tertinggi di Amerika Utara dan tertinggi kesembilan di dunia. Terletak di Princess Louisa Marine Provincial Park di British Columbia, Kanada, taman ini bermula dari padang salju kecil dan air terjun setinggi 840 m  hingga Princess Louisa Inlet.

10. Browne Falls (Selandia Baru) – 836 meter

Browne Falls
Foto: Real Waterfalls

Air Terjun Browne adalah air terjun di atas Doubtful Sound, yang terletak di Taman Nasional Fiordland, Selandia Baru. Sumber air terjun ini berasal dari Danau Browne yang ketika penuh akan meluap ke sisi permukaan gunung. Ada dua cara untuk melihat Air Terjun Browne. Baik dari atas dengan penerbangan antara Milford Sound dan Queenstown, atau dari bawah, sebagai bagian dari perjalanan menjelajahi Doubtful Sound.

Itulah tadi daftar air terjun tertinggi di dunia. Deretan air terjun di atas juga bisa jadi tujuan wisata bagi kamu para pecinta alam. Banyak air terjun tertinggi yang tidak terlalu dikenal karena kebanyakan berada di lokasi yang sangat terpencil dan berbatu. Jadi mungkin ada air terjun lain di luar sana yang bahkan lebih tinggi dari daftar di atas. Semoga informasi ini bermanfaat!

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password