Kili-Kili, Wisata Edukasi Hutan Mangrove di Banyuwangi yang Seru dan Menyenangkan

Kili-Kili, Wisata Edukasi Hutan Mangrove di Banyuwangi

Enaknyakemana.com – Berjarak sekitar 50 kilometer dari pusat kota Banyuwangi, kita bisa mendatangi sebuah wisata edukasi hutan mangrove di Banyuwangi bernama Kili-Kili. Kili-Kili ini merupakan sebuah perairan di Dusun Tegalpare, Desa Wringinputih, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, yang ditumbuhi tanaman mangrove atau bakau. Tapi karena telah menjadi destinasi wisata, tentu Kili-Kili bukan sekedar hutan mangrove biasa. Sebab di sini ada beragam sajian menarik untuk dinikmati. Lalu seperti apakah wisata edukasi hutan mangrove Kili-kili ini? Berikut ulasannya.

Wisata Edukasi Hutan Mangrove di Banyuwangi

Jauh sebelum menjadi tempat wisata, Kili-Kili yang ada di Pantai Telukpangpang, Muncar merupakan kawasan tambak udang. Namun pada akhir tahun 1980-an, area ini ditinggalkan karena bisnis yang mengalami gulung tikar. Pada tahun 2003 perairan ini diremajakan oleh sekelompok masyarakat dengan menanam mangrove. Dengan keuletan dan kerja keras para warga masyarakat desa setempat maka Kili-Kili pun berubah menjadi kawasan yang lestari.

wisata edukasi hutan mangrove di Banyuwangi

Dengan luas mencapai 600 hektar, kini Kili-Kili merupakan tempat yang mengesankan untuk diekplorasi. Dalam wisata Kili-Kili ini Anda dapat menyusuri jembatan bambu yang telah dibuat secara swadaya oleh masyarakat. Tempat wisata yang mengusung tema edukasi ini juga membuat Anda bisa mempelajari jenis-jenis flora dan fauna yang ada. Beberapa informasi tentang jenis mangrove dan fauna juga telah disediakan pengelola. Tidak hanya itu di sini Anda juga bisa ikut berpartisipasi menanam mangrove.

Setidaknya ada lima jenis mangrove yang tumbuh subur dan bisa kita jumpai di perairan Kili-Kili ini. Kelima jenis mangrove tersebut yakni Sonneratia Alba, Excoecaria Agllocha, Rhizopora Mucronata, Rizhopora Apiculata dan Ceriop Tagal. Sementara itu untuk fauna yang ada di Kili-Kili antara lain kepiting, udang, kerang, pari, burung bangau putih dan jalak pari.

Kili-Kili, Wisata Edukasi Hutan Mangrove di Banyuwangi

 

Untuk bersantai juga telah disediakan panggung-panggung atau gazebo kecil di tengah hutan. Bagi Anda yang hobi memancing, di wisata Kili-Kili ini juga ada kolam yang untuk memancing. Setelah berjalan mengelilingi hutan mangrove dan merasa lapar dan haus, Anda bisa mendatangi warung-warung warga yang menjual makanan dan minuman. Beberapa makanan yang bisa kita nikmati di warung ini antara lain kepiting asam manis, sate kerang, Iwak pe (pari) rica-rica, dan lainnya.

Demikianlah informasi tentang wisata edukasi hutan mangrove di Banyuwangi bernama Kili-kili. Untuk Anda yang tertarik ingin ke mendatangi Kili-kili tentu Anda harus memiliki tiket perjalanan. Nah untuk mendapatkan tiket perjalanan ini Anda bisa membelinya di Akulaku. Menariknya, dengan belanja tiket perjalanan di Akulaku, Anda bisa melakukan pembayaran dengan cara mencicil tanpa kartu kredit.

 

Mau dapat promo hotel & tiket perjalanan ke destinasi wisata favorit dari AkuLaku Indonesia?

Caranya gampang! Isi formulir di bawah ini secara lengkap!

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password