Wisata Bawah Laut Klaten Jawa Tengah

Wisata Bawah Laut Klaten Jawa Tengah

Tahukah kalian bahwa ternyata tidak semua pantai, laut, ataupun danau bisa dibuat diving ataupun snorkeling? Diperlukan kejernihan laut yang tinggi, jenis biota laut yang memadai, serta keamanan yang maksimal. Biasanya, para pecinta diving ini harus pergi ke pantai terlebih dahulu, kemudian menyewa kapal untuk pergi ke tengah-tengah laut, baru bisa menyelam. Sekarang, kalian tidak perlu jauh-jauh pergi ke tengah laut untuk menikmati bagaimana keindahan biota laut. Di Umbul Ponggok Klaten, terdapat wisata bawah laut yang tidak kalah indah, padahal tempat tersebut merupakan kolam renang.

Banyak yang mengatakan bahwa Umbul Ponggok ini adalah wisata bawah laut yang berada di Yogyakarta, padahal pada kenyataannya, Umbul Ponggok berada di Klaten, Jawa Tengah. Tetapi karena istilah Umbul Ponggok Yogyakarta sudah terpatri di benak masyarakat, jadilah Umbul Ponggok “diklaim” menjadi wisata khas Yogya.
Rute Menuju Umbul Ponggok

Lokasi dari Umbul Ponggok berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Untuk menuju desa tersebut, kalian bisa mengendarai kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Bagi yang naik kendaraan pribadi, kalian bisa langsung menuju arah Solo. Ketika sudah melewati kota Klaten, langsung saja menuju ke Terminal Penggung. Dari arah Yogyakarta, Terminal Penggung ini berada di sisi kanan jalan dan tepat di persimpangan. Langsung saja ambil arah ke kiri atau ke arah barat. Dari situ, kalian bisa mengikuti jalan karena ada petunjuk yang mengarahkan ke Umbul Ponggok.

Sedangkan, bagi yang naik angkutan umum, dari Yogyakarta kalian bisa naik bus menuju ke Terminal Penggung. Kemudian dilanjut naik angkot ke arah Jatinom, tapi turun di pertigaan Karang Anom. Lanjutkan perjalanan dengan naik angkot bewarna kuning jurusan Ponggok. Bilang kepada supir untuk turun di Umbul Ponggok. Perjalanan menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum memakan waktu sekitar satu jam.

Baca Juga : 4 Wisata Diving Terkenal Di Indonesia yang Perlu Kamu Jelajahi

Keindahan Bawah Laut yang Alami

Jangan kira kolam buatan Umbul Ponggok ini terdiri dari air ataupun karang yang tidak alami. Hampir 100% kolam di sini asli dan dikembangbiakkan secara alami. Air kolam diambil dari mata air dari desa setempat, kemudian terumbu karang dan ikan-ikan dikembangbiakkan secara alami. Bahkan saking alaminya, ikan-ikan dan terumbu karang bisa kalian lihat dari permukaan air.

Hal unik lain yang bisa kalian temukan dari wisata bawah air ini bukan hanya terumbu karang, tetapi juga motor vespa, meja dan kursi, pagar penjara dan lain-lain. Barang-barang tersebut sengaja dimasukkan ke dalam air untuk membuat “rumah” bagi ikan-ikan. Ternyata, daya tarik wisatawan yang datang semakin tinggi karena bisa foto-foto di sana.

Peralatan Snorkeling yang Simpel dan Komplit

Salah satu hal yang paling tidak mengenakkan ketika snorkeling atau diving adalah kalian harus membawa peralatan sendiri. Tetapi ketika kalian mengunjungi Umbul Ponggok, kalian tidak perlu susah-susah membawa peralatan sendiri karena di sana sudah ada persewaan peralatan. Harga tiket masuk dari Umbul Ponggok per Agustus ini adalah 6 Ribu Rupiah, kemudian sewa kacamata snorkeling seharga 13 Ribu Rupiah, sewa pelampung seharga 7 Ribu Rupiah, dan sewa kaki katak seharga 13 Ribu Rupiah. Sedangkan, untuk sewa kamera bawah air, harganya bisa mencapai 60 Ribu Rupiah dengan durasi pemakaian setengah jam dan 100 Ribu untuk per satu jamnya.

Bagaimana menurut kalian? Tertarik untuk menyelam di wisata bawah laut ala Umbul Ponggok? Suasana dan pemandangannya tidak kalah indah dari laut alami!

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password