Uluwatu, Wisata Bali yang Mempesona

pura uluwatu

Jika Anda ingin berlibur ke Bali, Anda harus menyempatkan waktu untuk mendatangi objek wisata Pura Luhur Uluwatu dimana pura ini merupakan salah satu Pura Sad Kahyangan yang terletak di Kabupaten Badung, di Kecamatan Kuta, Desa Pecatu. Pura ini terletak di ujung barat daya pulau Bali. Pura ini pada mulanya digunakan sebagai tempat memuja seorang pendeta suci dari abad ke-11 bernama Empu Kuturan. Ia menurunkan ajaran Desa Adat dengan segala aturannya. Pura ini juga dipakai untuk memuja pendeta suci berikutnya, yaitu Dang Hyang Nirartha.

Pura sendiri berdiri kokoh di atas dan di Ujung tebing yang sangat curam setinngi 97 meter, jika Anda berada di pinggir pura, Anda bisa menyaksikan pemandangan laut lepas yang sangat indah. Di sekitar pura ada hutan kecil yang dihuni ratusa kera, di sini Anda harus waspada dan menjaga barang-barang bawaanya karena kera di sini suka usil. Sebagai objek wisata, area pura ditunjang dengan fasilitas-fasilitas untuk wisatawan. Sebelum matahari terbenam, Anda dapat menyaksikan tarian Kecak, dengan latar belakang sunset yang sangat indah. Agar Anda bisa mengambilan gambar sunset dengan teknik fotografi yang baik, Anda bisa melihat di tutorial fotography

Menurut sejarah, adanya pura ini berasal dari seorang pendeta Hindu yang berasal dari Jawa yang bernama Empu Kuturan, beliau adalah orang yang pertama kali menemukan dan membangun pura di tempat ini. Ada dua pendapat tentang sejarah berdirinya pendirian Pura Uluwatu. Ada pendapat yang mengatakan bahwa pura ini didirikan oleh Empu Kuturan pada abad ke-9, yaitu pada masa pemerintahan Marakata. Pendapat lain mengaitkan pembangunan Pura Uluwatu dengan Dang Hyang Nirartha, seorang pedanda (pendeta) yang berasal dari Kerajaan Daha (Kediri) di Jawa Timur. Dang Hyang Nirartha datang ke Bali pada tahun 1546 M, yaitu pada masa pemerintahan Dalem Waturenggong. Sang Pedanda kemudian membangun Pura Uluwatu di Bukit Pecatu. Setelah melakukan perjalanan spiritual berkeliling Pulau Bali, Dang Hyang Nirartha kembali ke Pura Uluwatu. Di pura inilah Sang Pedanda ‘moksa’, meninggalkan ‘marcapada’ (dunia) menuju ‘swargaloka’ (surga). Upacara atau ‘piodalan’ peringatan hari jadi pura jatuh pada hari Anggara Kasih, wuku Medangsia dalam penanggalan Saka. Biasanya upacara tersebut berlangsung selama 3 hari berturut-turut dan diikuti oleh ribuan umat Hindu.

Sebelum memasuki pura, seluruh wisatawan diharuskan untuk memakai pakaian khusus, yaitu kain sarung untuk mereka yang mengenakan celana atau rok di atas lutut, dan selendang untuk wisatawan yang memakai celana atau rok di bawah lutut. Kain sarung dan selendang berwarna kuning (salempot) tersebut menegaskan tentang penghormatan terhadap kesucian pura, serta mengandung makna sebagai pengikat niat-niat buruk dalam jiwa.

Setelah Anda memasuki bagian luar pura, Anda akan disambut oleh sebuah gerbang Candi Bentar berbentuk sayap burung yang melengkung. Gerbang yang menjadi pintu masuk menuju jabaan tengah ini merupakan salah satu peninggalan arkeologis abad ke-16. Untuk mencapai jeroan pura, Anda akan melewati Candi Kurung yang di depannya terdapat patung penjaga candi (dwarapala) dengan bentuk arca Ganesha. Akan tetapi, untuk menghormati kesucian pura, wisatawan tidak diperbolehkan memasuki ruang utama pemujaan, sebab hanya umat Hindu yang akan bersembahyang saja yang diperbolehkan memasukinya. Di dalam ruang pusat pura, ada sebuah prasada, yaitu tempat moksanya Dang Hyang Nirartha.

Meski demikian, wisatawan tak perlu khawatir, sebab daya tarik lain di lokasi wisata ini adalah pertunjukan Tari Kecak yang diadakan sekitar pukul 18.00 sampai 19.00 WITA. Tarian yang menceritakan tentang penggalan epik Ramayana, yaitu penculikan Dewi Sinta oleh Rahwana ini makin mempesona dengan latar belakang matahari terbenam di Samudera Hindia. Di samping itu, wisatawan juga dapat menyaksikan Pantai Pecatu yang berada di bawah Pura Uluwatu. Pantai Pecatu merupakan salah satu lokasi terkenal untuk olahraga selancar di Pulau Bali.

 

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password