Tips Mengurangi Hawa Dingin Jika Berwisata Di Gunung

Tips Mengurangi Hawa Dingin Jika Berwisata Di Gunung

EnaknyaKemana.com – Bagi Anda yang suka mendaki gunung atau berkemah, menghadapi dinginnya udara pegunungan mungkin sudah biasa. Akan tetapi bagi mereka yang sebelumnya belum pernah berkemah, tentu hawa dingin terlalu menusuk ke kulit dan harus segera diatasi. Untuk mengatasinya, ada beberapa tips yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menghadapi hawa dingin saat berwisata di gunung.

Dengan melakukan tips tersebut, hawa dingin di pegunungan tak akan menjadi penghalang bagi Anda untuk bersenang – senang. Berikut tips mengurangi hawa dingin jika berwisata di gunung yang Anda perlu tahu dan terapkan!

Tips Mengurangi Hawa Dingin Jika Berwisata Di Gunung

Tips Mengurangi Hawa Dingin Jika Berwisata Di Gunung

Lakukan aklimatisasi

Aklimatisasi merupakan suatu langkah penyesuaian tubuh atas suhu atau kondisi alam pegunungan. Aklimatisasi ada baiknya Anda lakukan sebelum melakukan pendakian. Dengan cara ini hawa dingin akan lebih ringan Anda rasakan ketika mendaki.

Jangan lupa pakaian hangat

Pastikan agar Anda tidak lupa membawa jaket tebal. Bawa jaket anti air yang dilapisi dengan bahan polar karena hal ini dapat membantu Anda mencegah kelembaban yang semakin lama akan semakin menembus bahan jaket. Selain jaket, baiknya juga Anda bawa sleeping bag yang dapat menjadi penangkal dingin jika Anda tidur malam.

Baca juga : Peralatan Mendaki Gunung yang Wajib Anda Bawa

Buat api unggun

Jika memang memungkinkan, membuat api unggun juga bisa menjadi pilihan. Walau demikian, jangan sekali – kali Anda menebang dahan pohon hanya untuk dijadikan sebagai api unggun. Anda juga bisa lakukan alternatif sebelum malam tiba, kumpulkan ranting pohon yang telah kering.

Hindari mengenakan jeans

Selain dapat memberatkan, pakaian dengan bahan dasar jeans akan membuat Anda merasa tidak leluasa dalam bergerak. Selain itu jeans juga menjadi bahan yang akan menahan dingin dengan sempurna sehingga Anda akan merasakan dingin yang hebat jika menggunakannya.

Lakukan peregangan

Walau udara dingin menggigit tulang, akan tetapi jangan Anda biarkan tubuh hanya berdiam diri didalam tenda. Karena itu Anda bisa coba lakukan peregangan agar rasa dingin yang Anda rasakan nantinya sedikit berkurang.

Itulah beberapa tips mengurangi hawa dingin jika berwisata di gunung. Terapkan dan dapatkan keseruan berwisata di gunung.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password