Tips untuk yang Hobi Fotografi Saat Traveling

fotografi traveling

Sekarang memotret sudah tak perlu melalui kamera DSLR, prosumer, atau mirrorless. Seiring berkembangnya teknologi, fotografi mulai banyak dilakukan dengan hanya bermodal kamera handphone. Sehingga saat ini banyak fotografer amatir maupun professional yang bermunculan.

Salah satu momen yang tak luput dari bidikan kamera para fotogafer ini adalah pada saat perjalanan liburan. Biasanya, foto yang diambil akan menjadi koleksi pribadi atau dipamerkan ke media sosial.

Jika Anda termasuk yang senang dengan fotografi, ada beberapa langkah mudah yang dapat dipraktikkan agar Anda bisa menghasilkan foto perjalanan yang berkualitas. Berikut uraiannya.

  1. Lakukan riset terlebih dahulu

Riset atau penelitian merupakan hal yang sangat penting dalam fotografi. Riset ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan yang akan dipotret. Riset dapat dilakukan dengan mencari di internet atau bertanya langsung pada kenalan.

  1. Kenali lebih mendalam

Fotografi yang baik adalah dengan mengenal orang dan kisah sejarah di balik foto yang akan diambil. Semakin lama ada di suatu tempat, fotografer akan memiliki peluang menemukan hal-hal baru.

  1. Otentik

Lensa tele selama ini menjadi andalan untuk memotret manusia. Namun nyatanya, ini malah membuat banyak orang jadi tidak nyaman. Belajar dari lensa jarak menengah dan berkomunikasilah dengan sumber. Semakin nyaman dengan cara berfoto, maka semakin mudah pula Anda bisa mendapat foto-foto bagus.

  1. Kuasai alat yang dimiliki

Semakin Anda menguasai fitur-fitur di kamera, maka semakin besar peluang Anda untuk memperoleh hasil foto yang maksimal.

  1. Buatlah catatan

Tambahkan catatan atau caption yang mewakili foto Anda. Catatan ini akan menjadi nilai tambah dari foto yang telah diambil saat traveling.

  1. Hormati budaya setempat

Saat berkunjung ke suatu tempat yang akan difoto, hormatilah penduduk serta budaya setempat. Sehingga, dari fotografi ini dapat mengajarkan seseorang untuk lebih menghargai budaya di sekitarnya saat melakukan perjalanan.

  1. Jangan lupa bersenang-senang

Bersenang-senang tentu saja merupakan unsur penting untuk mengabadikan fotografi perjalanan yang baik dan menarik. Foto yang diambil dengan hati yang gembira pasti akan memiliki kualitas yang lebih baik.

 

Sumber : kompas.com

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password