Serunya Menyelami Keindahan Bawah Laut Bunaken

Bunaken merupakan salah satu permata di Indonesia. Bagaimana tidak, keindahan bawah laut di sana mampu memanjakan mata siapa saja yang mengunjunginya. Oleh sebab itu, jika Anda berkesempatan untuk berwisata ke Bunaken, snorkeling ataupun diving merupakan hal yang wajib Anda lakukan.

Ada banyak tempat persewaan alat snorkeling dan diving di Bunaken, harganya pun tidak telalu mahal, mulai dari 150 ribu rupiah per orang per hari. Rata-rata, harga penyewaan alat sudah berlaku sama di berbagai tempat penyewaan di Bunaken. Sebagai gambaran, dengan 150 ribu rupiah, Anda akan mendapatkan peralaan snorkeling seperti masker, sepatu katak, dan wetsuit.

Untuk mengambil foto-foto di bawah laut, Anda juga dapat membayar sebesar 350 ribu rupiah. Untuk mendapatkan pemandu snorkeling, Anda akan dikenai biaya yang sama besarnya dengan biaya sewa peralatan snorkeling. Jika Anda belum pernah atau belum terbiasa menyelam (diving), maka pemandu akan siap mengajari Anda teknik-teknik menyelam.

Namun, jika Anda kurang suka menyelam, sebenarnya, hanya dengan berjalan kaki mengelilingi pantai di Bunaken saja sudah menjadi pengalaman yang menarik. Sebab, tempat wisata di Manado ini memang memiliki panorama pantai yang indah. Air lautnya yang kehijauan, panorama alam sekitar laut di Bunaken akan meninggalkan kesan yang kuat bagi Anda. Jika Anda suka jalan-jalan mengarungi lautan Bunaken, maka Anda dapat menaiki Katamaran, yaitu sebuah kapal berkaca yang disewakan di lepas pantai Pulau Bunaken.

Katamaran ini berdinding kaca, dengan demikian Anda dapat menikmati keindahan bawah laut Bunaken. Selain Katamaran, ada juga kapal selam Blue Banter yang hanya akan beroperasi saat air laut pasang. Tentu saja, Anda harus merogoh kocek yang cukup banyak untuk dapat mengambil pengalaman wisata bahari ini. Namun, nikmatnya akan sepadan dengan biayanya! Kegiatan wisata yang demikian juga dapat Anda temui di tempat wisata Pulau Siladen di Manado.

Untuk dapat masuk ke kawasan wisata Taman Laut Bunaken, Anda harus memiliki tanda masuk dan tiket Pulau Bunaken yang dapat diperoleh di kota Manado atau juga langsung di Taman Nasional Bunaken. Harga tiket masuk wisata Bunaken adalah 2 ribu rupiah per orang per hari untuk wisatawan dalam negeri. Sedangkan bagi wisatawan asing, harga tiket masuk Bunaken adalah 50 ribu rupiah per orang per hari atau dapat langsung dibeli untuk satu tahun sebesar 150 ribu rupiah per tahun.

Akses transportasi menuju tempat wisata Bunaken Manado sangat mudah. Bandara Sam Ratulangi melayani rute penerbangan langsung dari dan ke luar negeri, seperti ke Singapura, Manila, Kuala Lumpur, dan Davao di Filipina. Terminal penumpang di bandara ini juga sudah memiliki fasilitas penunjang berstandar internasional. Untuk menuju kota Manado, Anda dapat menggunakan taksi dengan biaya 150 ribu hingga 200 ribu rupiah dari bandara tersebut.

Sedangkan cara menuju ke Pulau Bunaken dari kota Manado, ada dua pilihan tempat berangkat, yaitu dari Pasar Bersehati atau dari Marina. Tarif sewa kapal dari Pasar Bersehati ke Bunaken sekitar 300 – 400 ribu rupiah. Tarif akan lebih mahal jika Anda berangkat dari Marina, yaitu sekitar 600 – 800 ribu rupiah. Alternatif lainnya, Anda dapat menggunakan kapal tradisional dengan biaya hanya 50 ribu rupiah per orang. Dari pelabuhan Manado menuju Pulau Bunaken akan memakan waktu sekitar 30 menit.

Jika Anda hendak langsung ke lokasi penyelaman di Pulau Bunaken, maka akan membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Jika Anda berangkat dari Marina, Anda akan menaiki kapal pesiar, dan inilah sebab mengapa biayanya lebih besar, dan menempuh perjalanan selama 10-15 menit untuk dapat sampai di Pulau Bunaken.

sumber jalan-jalan.com

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password