Indahnya Pantai Pink di Lombok, Wajib Dikunjungi!

Enaknyakemana.com – Selama ini Pantai Pink yang kebanyakan orang Indonesia tahu hanya ada di Flores, NTT. Ternyata Lombok juga punya, lho! Ini dia Pantai Pink alias Pantai Tangsi di Jerowaru, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Dulu Pantai Pink ini dikenal dengan nama Pantai Tangsi. Pantai yang berada di Desa Pemongkong, Jerowaru ini hanyalah pantai transit untuk nelayan-nelayan yang berasal dari Desa Tanjung Luar, Keruak.

Pantai Tangsi atau yang lebih dikenal dengan Pantai Pink dari Pulau Lombok terletak di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur adalah sebuah destinasi wisatawan yang menarik dan patut untuk dikunjungi karena keunikannya. Pantai ini merupakan salah satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir pantai berwarna pink, dan satu dari dua pantai di Indonesia yang memiliki pasir pantai berwarna pink.

Lokasi Pantai Pink berada di pesisir bagian timur Pulau Lombok, tepatnya di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pulau Pasir, pulau ini muncul ketika air surut, jika angin datang dari arah barat daya maka kemunculannya mulai pada pagi hari, sedangkan pada musim angin selatan muncul pada sore hari, di saat sperti ini maka pulau pasir menjadi destinasi terahir setelah Anda balik dari pantai pink.

Tidak ada kehidupan di pulau kecil ini yang ada hanya hamparan pasir putih berbentuk merica kecil seperti pasir di Pantai Tanjung Aan.  Anda akan melihat begitu banyak bintang laut dengan bermacam-macam warna dan tidak jauh dari tempat ini terdapat Gili Marengkeq  yang penghuninya adalah masyarkat Bajo, bila sempat mampir Anda dapat melihat bagaimana kehidupan masyarkat nelayan yang terkenal itu dan mereka juga memiliki kerajinan tenun yang dapat di jadikan oleh-oleh.

Ada pemandangan yang tidak biasa dan cukup unik dari  tiga pulau di dekat Pulau Pasir yaitu Gili Marengkek, Gili Kambing dan satu gili kecil lainnya. Di saat air surut akan terbnetuk jalan pasir yang menghubungkan tiga pulau tersebut. Masyarakat sekitar menggunakan jalan tersebut sebagai akses ke pulau lainnya.

Wisatawan yang datang ke Pantai Pink dapat melakukan banyak kegiatan, khususnya kegiatan yang berhubungan dengan air seperti:snorkeling, memancing, dan menyelam. Untuk snorkeling wisatawan harus membawa perlengkapan sendiri, karena tidak ada yang menyewakan peralatan. Selain itu, wisatawan juga dapat menyewa perahu nelayan untuk mengelilingi gugusan pulau-pulau kecil yang berjarak hanya 2 km dari tepi pantai dan tidak jauh dari sekitaran pantai, wisatawan dapat menjelajahi goa peninggalan Jepang.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password