Megahnya Garuda Wisnu Kencana, Landmark Bali yang Terkenal

garuda wisnu kencana

Bali, surganya tempat wisata, kali ini enaknya kemana akan membahas perjalanan ke GWK Garuda Wisnu Kencan. Dengan berkendaralah kira-kira sejauh 40 kilometer dari denpasar ke bagian selatan Pulau Bali, di Kabupaten Badung. Di sana terletak Garuda Wisnu Kencana, sebuah landmark Bali yang hingga kini masih belum selesai dikerjakan, patung Dewa Wisnu yang menunggang Garuda. Tingginya 12 meter, dan maskot ini konon terbesar dan tertinggi di dunia (jika selesai). Berada di dataran tinggi (263 mdpl), Garuda Wisnu Kencana adalah karya maestro asal Bali, I Nyoman Nuarta, yang galerinya juga ada di Bandung, Jawa Barat. Garuda Wisnu Kencana saat ini menjadi lokasi untuk pertunjukan, kesenian, pameran dan konferensi, baik yang bersifat lokal, nasional maupun internasional, karena mampu menampung hingga ribuan pengunjung.

Baca juga : wisata bali uluwatu

Ruang terbuka yang disebut dengan lotus pond berada di depan Garuda Plaza, luasnya mencapai 4.000 meter persegi. Sedangkan luas kawasan wisata Garuda Wisnu Kencana sendiri sangatlah luas, dilengkapi dengan pusat souvenir dan juga amphitheater. Terdapat mata air yang diyakini sebagai mata air suci, menjadikan GWK dikunjungi juga sebagai tempat yang spiritual.

Lotus Pond

Bagian sisi kiri dan kanan Lotus Pond di GWK ini adalah pilar batu kapur yang sudah dipotong. Ruang terbuka yang sangat luas ini bisa menampung lebih dari 5.000 orang, sehingga seringkali dijadikan tempat untuk konser musik besar.

Dari Lotus Pond ini akan terlihat patung Garuda sebagai latar belakangnya.

Wisnu Plaza

Dari patung garuda yang berada di belakang lotus pond, kita bisa naik lagi ke atas, menjumpai patung Dewa Wisnu yang terdapat di Wisnu Plaza. Dari seluruh areal GWK, ini adalah tempat yang tertinggi. Dari sini, kita bisa melihat sebagian sisi daratan Bali dengan panorama yang indah.

Parahyangan Somaka Giri

Sebuah mata air suci yang terdapat di sebelah patung Dewa Wisnu. Penduduk juga meyakini bahwa air tersebut mampu menyembuhkan penyakit, dan sepanjang tahun air tersebut tidak pernah kering meskipun di musim kemarau, padahal letaknya di daerah yang sangat tinggi sekalipun.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password