Pulau Maluku, Surga Tersembunyi di Indonesia

Maluku merupakan sebuah provinsi tertua yang ada di Indonesia. Provinsi ini terkenal dengan nama Moluccas atau Molukken. Maluku telah terkenal dalam peradaban dunia karena dalam catatan tablet tanah liat yang di temukan di Persia, Mesopotamia dan Mesir, disebutkan bahwa Maluku merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang kaya akan rempah-rempahnya seperti pala dan cengkeh.

Tak hanya itu saja, Maluku juga terkenal dengan penghasil intan. Ibukota Maluku bernama Ambon. Ambon merupakan sebuah kota yang terkenal dengan julukan si Ambon manise, yang artinya Ambon yang indah.  7 september 1575 di peringati sebagai hari jadi kota Ambon. Penduduk yang ada di ambon rata-rata bersuku bangsa Tionghoa, Ambon, Papua, Melayu, Jawa Dan Sunda.

Adapun agama yang paling banyak di anut oleh masyarakatnya hanya ada 3 yaitu Islam, Protestan dan Katolik. Kota Ambon merupakan sentra dari kepulauan Maluku yaitu menjadi pusat pelabuhan, pariwisata dan pendidikan.

Selain daripada itu, Propinsi Maluku dan khususnya kota Ambon menjadi salahsatu pusat wisata bahari di Indonesia bagian timur, disini banyak sekali bisa kita jumpai pantai-pantai yang masih alami yang belum terjama oleh banyak manusia, salah satu yang  paling terkenal dan sudah mendunia adalah Pantai Ora, dan Kepulauan Kei.

Kepulauan Kei terdiri dari 287 pulau besar dan kecil, pulau utamanya antara lain Pulai Kai Kecil (Nuhu Roa), Pulau Dullah, dan Pulau Kai Besar. Pantai Pasir Panjang di Pulau Kai Kecil merupakan pantai favorit karena pasirnya sangat halus, putih, dan bersih. Air laut yang biru menyatu dengan pemandangan pohon-pohon kelapa yang hijau di tepi pantai. Sedangkan Pulau Kai Besar lebih terkenal dengan pantai yang menjadi habitat berbagai jenis burung. Di Pulau Kai Besar ini juga terdapat desa-desa tradisional yang sangat menarik.

Ora beach atau pantai Ora terletak di Pulau Seram, Maluku Tengah. Inilah surga dunia. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk mendapatkan suasana yang damai dengan pemandangan alam (khususnya pantai) yang sangat indah.Pantai Ora memang sangat menawarkan keindahan alam yang tiada duanya, satu lagi bukti untuk para wisatawan diluar sana bahwa indonesia mempunyai pantai yang indah. Sejauh mata memandang, pesona keindahan pantai ini layak disejajarkan dengan pantai-pantai indah lainnya seperti Pantai Boracay di Filipina atau Pantai Bora-Bora di Samudera Pasifik.

Selanjutnya adalah Bandaneira merupakan satu-satunya kota di Kepulauan Banda. Bandaneira terletak di Pulau Neira yang ternyata sudah memiliki bandar udara, meskipun kecil. Kawasan Bandaneira ini kerap didatangi turis mancanegara karena keindahan alamnya. Keindahan pemandangan di bawah lautnya memang tiada tandingan. Selain itu, Bandaneira juga menyimpan sejarah karena dulunya banyak orang Eropa mendirikan rumah-rumah besar di sini. Namun kini Bandaneira cukup lengang, namun justeru menarik banyak wisatawan. Pulau Seram adalah pulau terbesar kedua di Maluku. Karena masih belum terlalu di jamah oleh manusia, Pulau Seram memiliki alam yang masih sangat asli, tidak heran jika anda menemukan hewan-hewan unik di pulau ini terutama burung. Pulau Seram pantas menjadi tempat wisata di Maluku terbaik.

 

 

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password