Ingin Liburan ke Taman Nasional Komodo? Ini Tips Hematnya

Taman Nasional Komodo

Enaknyakemana.comGoogle Doodle Senin kemarin (6/3/2017) merayakan 37 tahun Taman Nasional Komodo. Setelah masuk dalam daftar New7Wonders of Nature, Taman Nasional Komodo telah menjadi incaran para turis domestik maupun mancanegara. Selain karena bisa melihat satwa purba komodo lebih dekat, keindahan alam di sana juga mengundang para wisatawan untuk datang ke sana. Nah, jika kamu ingin berkunjung ke sana tapi hanya punya budget yang pas-pasan, berikut ada tips hemat liburan ke Taman Nasional Komodo. Coba simak, ya!

Transportasi

Untuk mendapatkan alternatif transportasi yang murah, umumnya dibutuhkan perjalanan yang agak lebih lama. Perjalanan ke Taman Nasional Komodo ada dua pilihan, yaitu melalui Labuan Bajo, Flores atau dari Lombok. Berdasarkan biayanya, perjalanan melalui Lombok akan lebih murah, tapi membutuhkan waktu 24 jam untuk sampai di tujuan. Sedangkan kalau dari Labuan Bajo hanya perlu waktu 2-5 jam perjalanan.

Kamu bisa terbang ke Bandar Udara Komodo yang letaknya di Labuan Bajo, kemudian menyewa kapal yang menuju ke Taman Nasional Komodo. Biaya sewa kapal dari Labuan Bajo adalah sekitar di atas Rp 2 juta untuk kemampuan 5-10 penumpang. Biaya ini bisa bertambah kalau kemampuan semakin banyak.

Jika kamu traveling sendirian atau bersama rombongan kecil, kamu tak perlu meneywa kapal. Jika hanya punya uang pas-pasan, kamu bisa mencari operator tur lokal dan meminta untuk diikutsertakan dalam open trip mereka. Kamu juga bisa numpang kapal rakyat yang menuju Pulau Rinca. Biayanya jauh lebih murah, tapi konsekuensinya kamu tak bisa mengunjungi pulau lain.

Kamu juga bisa mencari agen travel murah di Labuan Bajo. Untuk mencari yang termurah, kamu bisa bertanya saat sore sampai malam hari. Sebab, saat-saat inilah kamu bisa bergabung dengan yang penumpang lain untuk berbagi harga.

Baca juga : Menjelajahi Eksotisme Taman Ujung Kulon

Penginapan

Sebagai tempat wisata unggulan Indonesia, penginapan di Pulau Komodo telah mencukupi. Kamu bisa memilih dari homestay sampai hotel. Tapi untuk mendapatkan biaya termurah, kamu sebaiknya memilih homestay.  Kamu juga bisa menginap di Labuan Bajo karena di banyak hotel bertarif murah per malamnya.

Kamu juga bisa menyewa kapal yang sepaket dengan penginapan, atau yang disebut  “live on board” (LoB). Kapal jenis ini didesain sedemikian rupa untuk memberi sarana serta kenyamanan. Tapi biaya sewa kapal sekaligus penginapan bervariasi, tergantung besarnya kapal dan durasi menginap.

Aktivitas di Pulau Komodo

Setibanya di tempat wisata, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas menarik. Dari mulai melihat habitat komodo lebih dekat di Pulau Komodo dan mengunjungi pulau-pulau di sekitarnya. Setiap pulau mempunyai ciri khas sendiri-sendiri. Kamu bisa mengunjungi Pink Beach yang populer dengan warna pasir merah muda. Atau ke Pulau Kambing serta Pulau Kelor dimana kamu bisa melakukan snorkeling, diving atau sekedar bersantai di pantainya yang cantik. Jika ingin memancing, kano, hiking serta camping, kamu bisa mengunjungi Loh Buaya atau Pulau Padar.

Komodo
Berkunjung ke Taman Nasional Komodo tak lengkap jika tak melihat satwa purba ini dari dekat

Menurut beberapa traveler yang telah ke sana, kamu perlu setidaknya 3 hari untuk menjelajahi pesona keindahan objek wisata ini. Tapi kamu tak perlu cemas dengan biaya yang akan kamu keluarkan, karena tiket masuk wisata bisanya berupa satu paket perjalanan komplit.

Berdasarkan pendapat para traveler, secara keseluruhan kamu hanya perlu menghabiskan kurang lebih Rp 5 juta saja untuk liburan ke tempat ini. Dan itu sudah termasuk semua akomodasi. Tentu harga ini cukup murah melihat Taman Nasional Komodo ini termasuk destinasi wisata internasional.

Baca juga : 3 Tips Cari Tiket Murah Berwisata

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password