Candi Gedong Songo dan sejarahnya

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo merupakan nama sebuah candi yang berada di pegunungan Ungaran. Candi Gedong Songo ini terletak di ketinggian 1.200 mpdl dengan suhu sekitar 19 – 27 °C.

Arca – Arca di kompleks Candi Gedong Songo ini dibuat pada abad ke 8 Masehi dan sudah tidak lagi lengkap. Arca – arca yang di jumpai hanya beberapa yang masih tersisa, seperti Durga (Istri dewa Siwa), Ghanesa (Anak dewa Siwa), Serta dua pengawal dewa Siwa yaitu tempat Nandiswara dan Mahakala yang bertugas menjaga pintu masuk candi.

Hasil gambar untuk candi gedong songo

Ketika kamu masuk Kompleks Candi Gedong Songo akan melihat banyak sekali keindahan, candi ini sendiri di temukan oleh Loten, pada tahun 1740.

Dan Van Stein Calefells melakukan penelitian lebih dalam di sekitar Komplek Candi Gedong Songo pada tahun 1908.  Sekitar tahun 1911 – 1912 Knebel melakukan inventarisasi semua komplek candi Gedong Songo.

Gambar terkait

Untuk menuju ke Gedong Songo kamu harus hati-hati dalam berkendara, karena jalan sempit dan berkelok – kelok. Apalagi ketika musim hujan, sebaiknya berkendara dengan pelan – pelan.

Setelah melewati gapura masuk Gedong Songo, silakan untuk mengunakan gigi rendah karena jalan sangat menanjak dan sempit.

Ketika memasuki sekitar desa jalan yang kamu lalui akan semakin menanjak, terutama di bagian belokan setelah parkir luar komplek Candi Gedong Songo.

Baca juga : Wisata di kota Bogor

Gambar terkait

Banyak motor dan mobil kesusahan dan terpaksa berhenti di tengah tanjakan karena tidak kuat untuk naik lagi.

Setelah memasuki parkir, kamu akan dibawa ke pintu masuk candi. Untuk wisatawan lokal akan dikenai tarif Rp. 6.000,- . Cukup terjangkau dengan sesuatu yang kamu dapatkan nanti.

Kerik kamu memasuki area candi, pandangan pertama kamu akan tertuju pada gapura masuk yang mirip candi, lalu berjalan sebentar akan bertemu dengan panggung dan komplek candi Gedong Songo I.

Hasil gambar untuk candi gedong songo

Untuk jalan menuju komplek candi II, kamu harus ekstra kuat dan semangat. Letaknya sekitar 500 meter lebih jauh dari komplek candi I. Pada saat ini, pengelola candi membuat jalur baru yang memisahkan antara jalur setapak dan jalur kuda.

Jalur setapak akan di belokkan ke kanan, melewati perbukitan dan warung makan. Beberapa Gazebo di siapkan untuk tempat istirahat para Petualang yang lelah naik ke perbukitan.

Baca juga : Wisata kali biru yang ngehits

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password