Atasi Jet Lag Secara Alami dengan 9 Langkah Ini

jet lag

Setelah melakukan penerbangan jarak jauh, para pelancong tak jarang mengalami jet lag. Jet lag adalah perubahan jam biologis tubuh, yang disebabkan oleh perubahan zona waktu (siang dan malam).

Menurut situs pemesanan travel Expedia, setidaknya ada lima gejala jet lag yaitu insomnia, selalu mengantuk, otot terasa nyeri, cenderung temperamental, serta sulit berkonsentrasi.

Expedia juga mengumpulkan beberapa fakta terkait jet lag. Penumpang yang melakukan penerbangan ke arah timur bumi cenderung mengalami jet lag yang lebih parah daripada penerbangan ke arah barat. Jet lag yang paling parah yaitu pada penerbangan yang memakan waktu lebih dari 7-12 jam. Fakta terakhir, sebanyak 96 persen orang yang melakukan penerbangan jarak jauh akan mengalami jet lag setelahnya.

Maka dari itu, dikutip dari situs Lonely Planet, berikut 9 cara alami untuk mengatasi jet lag yang dihimpun oleh Expedia.

1. Berjalan-jalan di luar ruangan

Setelah sampai di tempat tujuan, Anda akan membutuhkan sinar matahari agar jam biologis tubuh kembali. Cobalah untuk menghabiskan waktu di luar ruangan pada pagi hari, misalnya di taman kota, sekitar pukul 08.00-09.00 waktu setempat.

2. Olahraga

Melakukan olahraga di pagi atau sore hari akan membantu mengembalikan jam biologis tubuh Anda. Tapi jangan berolahraga pada malam hari karena Anda bisa mengalami insomnia.

3. Pakai kacamata “Re-Timer”

Dengan teknologi yang semakin berkembang, sekarang ada kacamata bernama “Re-Timer”, yang fungsinya mengeluarkan cahaya redup berwarna hijau. Kacamata ini bisa membantu Anda untuk mengembalikan jam tidur sesuai dengan kondisi tubuh.

4. Tidur sejenak selama 20 menit 

Apabila Anda tidak sempat istirahat setelah tiba di destinasi tujuan, cobalah untuk “mencuri waktu tidur” beberapa kali dalam sehari. Tidur singkat (nap) dianjurkan bagi Anda yang mengalami jet lag. Anda bisa tidur sebentar selama 20 menit, apalagi jika Anda hanya sempat tidur selama empat jam saat malam hari.

5. Gunakan penutup telinga dan masker mata

Gunakanlah penutup telinga dan masker mata saat tidur malam, agar tidur Anda menjadi lebih nyenyak dan berkualitas setelah melakukan penerbangan jarak jauh.

6. Minum teh herbal

Minuman teh herbal sangat bermanfaat untuk mengatasi jet lag. Namun, Anda harus memastikan teh dikonsumsi merupakan jenis yang tepat untuk saat yang tepat. Misalnya, saat pagi hari Anda sebaiknya minum teh ginkgo biloba atau ginseng. Sedangkan saat malam hari Anda sebaiknya minum teh chamomile.

7. Mandi

Cobalah mandi air dingin pada malam hari dan air hangat pada pagi hari usai penerbangan panjang. Hormon melatonin yang dapat mempermudah Anda untuk tidur nyenyak bisa muncul saat temperatur badan mengalami perubahan.

8. Jauhi alkohol dan minuman berkafein

Jangan mengonsumsi alkohol dan minuman berkafein seperti kopi usai penerbangan jarak jauh, karena hanya akan memperparah jet lag Anda.

9. Jaga pola makan

Selama traveling di tempat tujuan, Anda wajib menjaga pola makan serta sering berada di bawah sinar matahari. Apabila Anda berkunjung ke suatu destinasi hanya selama satu atau dua hari, cobalah untuk banyak beraktivitas di luar ruangan.

 

Sumber : kompas.com

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password