7 Cara Sukses Travelling ke Jogja

Daerah Istimewa Yogyakarta memang pantas diberi gelar istimewa karena banyak hal, salah satunya karena Jogja masih memiliki daerah kerajaan. Selain itu, Jogja juga dikatakan istimewa karena di Jogja terdapat banyak sekali tempat-tempat wisata.

Untuk menikmati wisata seru di Jogja, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar liburan kamu di Jogja lebih berkesan.

  1. Booking Transportasi Sejak Dini

Sebenarnya ini rumus mutlak bagi para backpacker. Booking tiket sejak jauh-jauh hari memang terbukti bisa menghemat pengeluaran. Untuk transportasi ke Jogja sendiri, ada banyak pilihan yang bisa dipilih. Bisa melewati jalur darat dengan bus dan kereta atau lewat jalur udara pun bisa karena Jogja sudah memiliki bandara internasional yang membuka berbagai rute dalam dan luar negeri. Manfaatkan juga berbagai promo yang ditawarkan oleh berbagai maskapai penerbangan dan juga perusahaan transportasi lainnya.

  1. Datanglah saat Low Season

Jalan-jalan memang lebih enak dilakukan saat libur panjang atau saat tanggal merah. Namun, di waktu ini, kemungkinan besar Anda tidak bisa berlibur dengan puas karena tidak bisa menikmati keindahan yang disuguhkan oleh tempat wisata yang Anda kunjungi. Selain itu, saat peak seson, kemungkinan harga-harga yang ditawarkan baik dari transportasi hingga akomodasi juga lebih mahal dari biasanya, jadi sebisa mungkin cari waktu liburan yang tepat, yaitu saat low season sehingga Anda bisa berlibur dengan lebih leluasa.

  1. Cari Akomodasi Murah Meriah

Mencari akomodasi juga harus dilakukan jauh-jauh hari sebelum tanggal kedatangan Anda. Ada banyak sekali pilihan hotel yang ditawarkan di Jogja, mulai dari hotel bintang 5 hingga hotel kelas backpacker. Hampir di semua daerah tersedia hotel murah, Anda tinggal memilih yang sesuai dengan budget dan juga kebutuhan.

 

  1. Pilih Tempat Makan Hemat

Untuk urusan makanan,  Anda bisa melakukan pengehematan saat traveling dengan menghemat pengeluaran makanan. Tenang, di Jogja ada banyak sekali pilihan tempat makan enak yang murah namun enak. Mulai dari menikmati kopi di cafe ataupun di pinggir jalan, pecel yang ada di pasar Beringharjo, mie lethek, angkirangan, dan masih banyak lagi.

  1. Bijak Memilih Transportasi Selama di Jogja

Transportasi memang menjadi salah satu kendala yang pasti dirasakan ketika hendak berpergian. Namun, di Jogja, sudah banyak pilihan transportasi yang dapat Anda pilih. Bahkan sekarang, Jogja sudah memiliki Trans Jogja yang hanya bertarif Rp 3.500,-.

Namun, jika Anda memilih untuk menyewa kendaraan pribadi, memang Anda harus merogoh kocek cukup dalam. Untuk menyewa sepeda motor, Anda dikenakan tarif sekitar Rp 50.000,- per harinya. Sedangkan untuk menyewa mobil, Anda perlu membayar sekitar Rp 350.000,- sehari. Lagi-lagi, semua itu tergantung dari budget dan kebutuhan Anda selama di Jogja.

  1. Beragam Pilihan Tempat Wisata

Keistimewaan Jogja salah satunya terletak pada tempat wisata yang dimilikinya. Apapun gaya liburan Anda, Jogja selalu memiliki jawaban yang tepat untuk Anda. Jika Anda menyukai wisata alam, Anda bisa berjalan-jalan ke Gunung Kidul yang menawarkan keindahan alam yang memukau. Selain Gunung Kidul, masih banyak lagi tempat-tempat wisata alam yang bisa Anda pilih.

Namun, bagi Anda yang lebih memilih untuk menjelajahi kota. Beragam pilihan tempat wisata pun ditawarkan, mulai dari museum, keraton, Taman Sari, dan juga tempat-tempat berbelanja di sekitaran Malioboro. Tiket masuk tempat wisata di kota pun masih murah meriah. Contohnya saha tiket masuk benteng Vredeburg, Anda hanya perlu membayar Rp 2.000,- untuk masuk dan melihat-lihat ke dalamnya.

  1. Shopping Cerdas Ala Backpacker

Liburan tanpa berbelanja memang kurang lengkap, apalagi bagi kaum hawa. Namun, bukan berarti hal ini bisa dilewatkan begitu saja dari rencanan perjalanan Anda. Agar dompet Anda bisa lebih aman, berburulah oleh-oleh khas Jogja yang murah di Pasar Beringharjo dan Malioboro yang memang terkenal akan harga barang-barangnya yang murah.

Terlepas dari berbagai hal yang perlu dipersiapkan, hal terpenting yang perlu Anda lakukan agar liburan Anda di Jogja terasa berkesan adalah dengan menikmati setiap perjalanannya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password