5 Pantai dengan Air Terjun di Indonesia

Pantai Jogan - Pantai dengan Air Terjun

Pantai yang memiliki pasir putih, air yang jernih, maupun bebatuan karang yang eksotis itu sebenarnya sudah sering dijumpai. Yang jarang kita temukan adalah pantai-pantai dengan air terjun langsung ke laut. Untuk menemukan air terjun, para traveler biasanya mendaki pegunungan atau hutan belantara terlebih dahulu. Berikut adalah 5 pantai di Indonesia yang tidak biasa, yakni pantai yang justru memiliki air terjun yang langsung jatuh ke laut.

 

  1. Pantai Pulau Mursala, Tapanuli Tengah

Pantai Mursala

Pulau Mursula terletak di bagian barat Indonesia, tepatnya di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Salah satu ujung pulau kecil ini terdapat tebing dan air terjun yang langsung jatuh ke laut.

Air terjun tersebut bernama Air Terjun Mursala. Sebenarnya, tidak ada pasir di pantai tersebut tetapi hanya ada bebatuan. Akan tetapi hal itu tak menjadi masalah, karena kita bisa menikmati indahnya air yang terjun dengan deras dari ketinggian 35 meter. Kita juga bisa langsung berenang di depan air terjun tersebut.

Air yang mengalir ke perairan dangkal tersebut berwarna hijau jernih. Perairan di pantai ini semakin terlihat cantic dengan adanya berbagai macam terumbu karang di bawah air disertai dengan ikan-ikan yang hilir mudik.

Sebenarnya, darimana air terjun ini berasal masih menjadi misteri dan belum ada penjelasan ilmiahnya. Pasalnya, Pulau Mursala sebenarnya tak terlalu luas, sehingga sepertinya tidak mungkin pulau ini bisa menghasilkan volume air tawar yang cukup besar hingga membentuk air terjun. Bahkan, saat musim panas sekalipun, airnya tetap mengalir.

Bagi Anda yang penasaran ingin pergi ke Pulau Mursala, Anda bisa pergi ke Pandan, ibukota Kabupaten Tapanuli Tengah, kemudian naik kapal selama 2 jam ke Pulau Mursala. Harga sewa boat menuju ke pulau itu sekitar Rp 2,8 juta-an.

 

  1. Pantai Jogan, Gunungkidul

Pantai Jogan

Di wilayah Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta terdapat dua pantai dengan air terjun yang jatuh ke laut dan saling berdekatan. Kedua pantai tersebut adalah Pantai Jogan dan Pantai Banyunibo, yang patokannya adalah Pantai Siung. Lokasinya berada di Dusun Wates, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, sekitar 70-an km dari pusat Kota Yogyakarta.

Yang pertama akan dibahas adalah Pantai Jogan, yang terletak di sebelah barat Pantai Siung. Pantai ini didominasi oleh bebatuan karang. Air terjun setinggi 7 meter berada tepat di pinggir pantainya.

Wisatawan dapat menikmati pemandangan di pantai ini dan juga bermain di bawah air tejunnya. Aliran airnya tidak terlalu deras dan bagian bawahnya berupa bebatuan pantai. Jadi, akan seperti sedang mandi di air pancuran.

Aliran air terjunnya berupa air segar. Sehingga, sehabis merasakan air tawar, wisatawan yang berenang di pinggir pantai akan merasakan air yang asin. Wisatawan pun tidak akan cepat bosan.

 

  1. Pantai Banyunibo, Gunungkidul

Pantai Banyunibo

Pantai Banyunibo terletak di sebelah timur Pantai Siung. Jarak pantai ini sedikit jauh, sehingga wisatawan perlu berjalan kaki dulu dengan melewati persawahan dan padang rumput. Uniknya, jalur trekking yang berupa padang rumput ada di pinggiran tebing dan cenderung miring. Jadi, kita harus berhati-hati saat melewatinya.

Setelah mendaki bukit, kita dapat menikmati keindahan pantainya. Pantai ini berukuran kecil, tanpa pasir dan bebatuan hitam yang besar-besar. Di atasnya terdapat air terjun yang mengalir belasan meter.

Air terjun di Pantai Banyunibo lebih rendah daripada di Pantai Jogan. Namun, Pantai Banyunibo ini masih sepi karena jarang dikunjungi wisatawan. Sehingga, mengunjungi Pantai Banyunibo akan terasa seperti memiliki pantai privat milik kita sendiri. Terlebih lagi, di bagian atas bukit dan di pinggir aliran air terjun terdapat beberapa rumah penduduk yang semakin mempercantik panorama.

 

  1. Pantai Banyu Tibo, Pacitan

Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo berlokasi di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan, Jawa Timur. Tiket masuk ke pantai ini pun terjangkau, yakni hanya Rp 5 ribu.

Di pinggir pantainya, terdapat air terjun yang berasal dari aliran sungai dan jatuhnya ke bibir pantai. Air terjunnya tingginya sekitar 7-8 meter. Yang menakjubkan, aliran airnya jatuh terlebih dahulu ke pantai berpasir putih sebelum mengalir ke laut. Sehingga Anda bisa santai, sekaligus bermain air di bawahnya.

Permukaan Pantai Banyu Tibo cukup landai. Perairan lautnya pun berwarna biru kehijauan. Sehingga, pantai ini pun menjadi tampak eksotis dan cantik.

 

  1. Pantai Toroan, Madura

Pantai Toroan

Pantai Toroan di Madura juga memiliki air terjun yang langsung jatuh ke pantai. Pantai sekaligus air terjun ini berada di Sampang dan wajib menjadi destinasi wisata saat berlibur ke Madura.

Seperti hanya pantai dengan air terjun yang lain, pantai ini juga memiliki pesisir yang lebih banyak karangnya. Pemandangan di pantai ini indah, terutama airnya yang berwarna biru jernih dapat menggoda siapa saja yang melihatnya.

 

Sumber : detik.com

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password