3 Tips Travelling Bersama Hewan Peliharaan

Travelling bersama hewan peliharaan

Apabila Anda memiliki hewan peliharaan yang sangat Anda sayangi, mungkin Anda kerap mengalami dilemma saat hendak bepergian. Apakah sebaiknya hewan peliharaan ditinggal di rumah saja atau membawanya saat travelling?

Anda mungkin kerap kali memilih opsi pertama, karena takut hewan peliharaan kesayangan Anda akan jatuh sakit atau stres saat menempuh perjalanan jauh. Namun sebenarnya Anda tak perlu khawatir, karena hewan peliharaan kesayangan masih bisa Anda ajak untuk ikut serta saat travelling.

Berikut beberapa tips yang dihimpun dari para pakar hewan peliharaan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan saat hendak membawa hewan peliharaan turut serta dalam perjalanan jauh agar hewan kesayangan tetap aman dan nyaman.

 

Persiapkan hewan peliharaan dengan baik

Sama seperti manusia, sebagian hewan peliharaan merupakan traveller yang baik, sedangkan yang lainnya akan merasa sangat tidak nyaman atau takut saat melakukan perjalanan jauh.

“Membiasakan hewan peliharaan melakukan perjalanan sejak mereka masih kecil dapat membantu, tetapi jika mereka terlihat stres, sebaiknya Anda meninggalkan mereka di rumah dengan pengurus yang terpercaya,” kata Monique Udell dari Oregon State University.

 

Lakukan percobaan kecil

Sebelum berangkat traveling, biasakan hewan peliharaan Anda berada di dalam kandang angkut mereka. Taruh selimut dan makanan kesukaan mereka di kandang yang terbuka untuk mengundang mereka masuk ke dalamnya.

“Bisa juga menggunakan feromon semprot, aroma alami yang biasa digunakan agar kucing merasakan sesuatu yang nyaman,” ujar Carlo Siracusa, dari Kedokteran Hewan Universitas Pennsylvania.

Tutup kandang angkut untuk waktu yang agak lama setelah hewan peliharaan berada di dalam. Jika hewan peliharaan terlihat merasa nyaman, secara bertahap, tambahkan durasinya. Pastikan ventilasi udara di kandang dalam keadaan baik.

Anda sebaiknya tidak menggunakan obat penenang, namun jika menurut Anda memang perlu, konsultasikan dengan dokter hewan Anda.

Meski demikian, jika Anda travelling dengan menggunakan pesawat sebagai sarana transportasi, Anda harus tahu bahwa pemeriksaan keamanan hewan di bandara mungkin akan sedikit menyulitkan Anda yang memelihara kucing, “Karena banyak kucing yang takut akibat bandara yang bising dan ramai. Jadi, pegangi mereka baik-baik,” tambahnya.

 

Buat hewan peliharaan senyaman mungkin

Tempatkan hewan peliharaan Anda di dalam kandang angkut di kabin belakang jika Anda akan menempuh perjalanan dengan menggunakan mobil. Buatlah suasana kandang menjadi senyaman mungkin untuk mereka. Anda bisa menambahkan bantal empuk atau mainan favorit mereka di dalamnya.

“Hewan peliharaan yang menempuh perjalanan jauh jangan diletakkan di atap mobil,” tegas Siracusa.

Kemudian, Anda juga harus menghentikan perjalanan sejenak agar dapat memberikan kesempatan bagi hewan peliharaan untuk makan dan meregangkan anggota tubuhnya. “Jadi jangan cuma berhenti saat Anda membutuhkannya saja,” ujar Monique.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memasang air purifier di dalam mobil Anda. Dengan adanya air purifier, mobil Anda akan mendapatkan kualitas udara yang bersih dan segar. Udara di dalam mobil pun akan semakin nyaman dan bagi Anda, teman seperjalanan Anda, dan juga hewan peliharaan Anda.

air purifier untuk travelling

 

Sumber : nationalgeographic.co.id

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password